BUTON UTARADaerahKendariKOTAKUPERISTIWA

Butur Digoyang Gempa Tektonik 3.4 Magnitudo

654
×

Butur Digoyang Gempa Tektonik 3.4 Magnitudo

Sebarkan artikel ini
BMKG ShakeMap

Reporter: Taswin Tahang

KENDARI – Kamis, 23 April 2020, pukul 16:39:46 WITA, bagian sebelah Timur Laut Buranga, Kabupaten Buton Utara, diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 3.4 Magnitudo.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menjelaskan, menurut analisis BMKG Kendari episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.68 LS, 123.14 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 24.0 km, Timur Laut Buranga pada kedalaman 10 km.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang ada di daerah Buton Utara Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Guncangan gempa bumi tersebut dilaporkan dirasakan di Ereke II-III MMI dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 17:10 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan jadi kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (B)

You cannot copy content of this page