PemerintahanPENDIDIKANSULTRA

Calon P3K BKKBN Sultra Mulai Jalani Tes

472
×

Calon P3K BKKBN Sultra Mulai Jalani Tes

Sebarkan artikel ini

BKKBNSULTRA, KENDARI, Mediakendari.com – Calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2023 mulai menjalani tes kompetensi di BKN Kota Kendari, Minggu 19 November 2023

Sebanyak 118 peserta yang hadir dari total 120 yang hari ini terbagi kedalam 3 sesi menjalani tahap registrasi dan body cheking sebelum masuk kedalam ruang ujian. sebelum memulai ujian, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asmar, M.Si yang meninjau langsung pelaksanaan seleksi hari pertama menyambut para peserta sesi pertama.

“Penerimaan Calon PPPK Penyuluh ini kita sudah lakukan sejak tahun 2022, mekanisme penerimaannya benar-benar sesuai dengan prosedur dan kriteria yang dipersyaratkan sehingga tidak ada intervensi dari siapapun, soal-soal yang dikerjakan pun sesungguhnya adalah kegiatan yang di lakukan di lapangan sehingga benar tidaknya jawaban itu sesuai dengan kemampuan sendiri dari peserta ujian,” ungkap Asmar.

Dikesempatan sama, Kepala Kantor Regional IV BKN, Andi Anto yang turut hadir di lokasi ujian mengatakan penerimaan ASN ini murni hasil kerja keras peserta, sehingga peserta diminta tidak mudah tertipu oleh oknum yang tidak bertanggungjawab terkait penerimaan ASN.

“Yang bisa membantu adalah diri anda sendiri, doa orang tua, jangan percaya kalau ada orang yg bisa membantu, dan meminta imbalan, maka itu pasti penipuan, apalagi Sultra merupakan salah satu daerah yang banyak terjadi  penipuan terkait penerimaan ASN,” kata Andi Anto.

Selanjutnya Andi Anto menegaskan untuk tidak berbuat curang dalam pelaksanaan ujian. “Jangan ada rencana untuk mengakali sistem karena kalau ketahuan maka NIK-nya akan di blokir sehingga seumur hidup tidak akan bisa ikut ujian. Semua ini melalui sistem sehingga kalau ada yang mencurigakan akan langsung di ketahui oleh sistem,” tegasnya.

Tak Lupa Andi Anto mengucapkan Terimakasih atas bantuan dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi tenggara atas bantuan dalam pelaksanaan kegiatan ujian ini.

Sama seperti Tahun sebelumnya, Pelaksanaan Seleksi Kompetensi CPPPK menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) BKN yang terdiri dari 145 Soal yang meliputi seleksi kompetensi teknis sebanyak 90 butir soal, manajerial 25 butir soal, sosial kultural 20 butir soal dan wawancara sebanyak 10 butir soal dengan durasi waktu 120 menit dan wawancara 10 menit.

Untuk dapat lulus peserta harus memenuhi nilai ambang batas yang telah ditetapkan dalam Kepmenpanrb  no 652 Tahun 2023 yaitu 117 untuk seleksi manajerial dan sosial kulturan, 24 untuk seleksi kompetensi serta ambang batas pada kompetensi teknis Ahli Pertama dan terampil Penyuluh KB yakni 203.

Seleksi Kompetensi CPPPK rencananya terjadwal akan berlangsung hingga Rabu, (22/11/2023) mendatang dengan total jumlah peserta pada titik lokasi BKN Kendari sebanyak  555 peserta. sebelumnya juga telah berlangsung seleksi kompetensi CPPPK pada titik lokasi BKN Kota Baubau yang telah selesai dilaksanakan pada tanggal 12/11/2023 lalu.

You cannot copy content of this page