BREAKING NEWSKOTAKU

Camat Poasia Himbau Masyarakat Untuk Tidak Membuang Sampah di Saluran Kali dan Drainase

440
×

Camat Poasia Himbau Masyarakat Untuk Tidak Membuang Sampah di Saluran Kali dan Drainase

Sebarkan artikel ini
Camat Poasia, Roniva Mandalay Putera. Foto Ronas/ Mediakendari.com

KENDARI, Mediakendari.com – Camat Poasia, Kota Kendari, Roniva Mandalay Putera, menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kecamata Poasia untuk tidak membuang sampah di saluran kali maupun drainase. Hal itu untuk mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah Kota Kendari.

“Terkait dengan penanganan banjir di Kecamatan Poasia, langkah- langkah yang kami lakukan, selalu menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di saluran kali maupun drainase. Apalagi menebang pohon lalu membuang ke areal kali. Karena ketika sisa- sisa tebangan pohon ataupun sampah yang ada itu akan tergenang air dan akan menyangkut di jembatan, sehingga terjadi banjir” ujarnya, kepada Mediakendari.com, baru- baru ini di ruang kerjanya.

Lanjut Ia mengatakan, belum lama ini pihaknya bersama BPBD Kota Kendari
dan DLHK serta warga sekitar melakukan pembersihan sampah di kali perbatasan Kelurahan Wundum Batu dan Andounohu.

“Pak Pj. Walikota sendiri sudah menginstruksikan arahan kepada kami semua di pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk setiap hari selasa dan jumat melakukan pembersihan kerja bakti. Tapi kami harapkan dengan sabtu dan minggu kita rangkul semua warga untuk melakukan kerja bakti,” ungkapnya.

Ia menambahkan, potensi wilayah yang rawan banjir di kecamatan Poasia yaitu ada 3 kelurahan yakni, Kelurahan Andounohu, Anggoeya dan Matabubu.

“Di kelurahan Anggoeya kemarin itu sempat banyak yang terdampak banjir, sekitar ada 50 KK, ada di BTN Reski 3 karena adanya saluran yang tidak lancar. Kami kordinasikan dengan Dinas PUPR Kota Kendari dan DLHK alhamndulillah kami dibantu alat berat langsung menormalisasi kali yang ada di kelurahan Anggoeya sehingga arus airnya jadi lancar,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, di kelurahan Matabubu ada dua warga yang tergenang banjir dan langsung dilakukan evakuasi kemudian diberikan bantuan sembako dari pemerintah.

“Harapan saya pribadi maupun sebagai pemerintah kecamatan betul- betul ini warga masyarakat Poasia untuk terbuka kesadarannya menjaga kebersihan dan juga terbuka kesadarannya supaya melakukan kerja bakti setidaknya di depan rumahnya sendiri,” tutupnya.

Reporter: Ronas

You cannot copy content of this page