NEWS

Catatan Sekda Sultra dari Tanah Suci Bersama Jamaah Haji Sultra Kloter 24

1682

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu. Saya Drs Asrun Lio MHum PhD selaku Sekda Provinsi Sultra yang juga sebagai Petugas Haji Daerah (PHD), tiada henti-hentinya mengucap syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT atas nikmat kesehatan dan nikmat beribadah bersama para jamaah haji Indonesia asal Sultra khususnya kloter 24 di tanah suci Mekah ini.

Hari ini, Minggu (06/18/23) para jamaah Indonesia asal Sultra khususnya kloter 24 yang diketuai oleh saudara Sugianto, telah memasuki hari ke 8 berada di tanah suci Mekkah. Berkat doa dan dukungan berbagai pihak, termasuk doa dari seluruh masyarakat Sultra dan izin Allah sehingga para jamaah Sultra khususnya kloter 24 dengan jumlah 393 orang dalam kondisi sehat, meskipun kloter ini sebagian besar merupakan usia lanjut usia (lansia).

Jika sebelumnya ada satu jamaah yang sempat mengalami perawatan dan menunggu rekomendsi dokter, alhamdulillah kini kondisinya dalam keadaan sehat serta dapat melakukan aktivitas ibadah kembali.

Hari ke 8 ini, para jamaah haji asal Sultra khususnya kloter 24 telah tuntas melakukan pembayaran DAM dan tinggal menunggu penuntasan penyembelihan DAM yang berlokasi di sekitar Kawasan Hudaibiyah, Kota Mekkah. Mengingat jumlah jamaah yang cukup banyak sehingga dilakukan hingga beberapa hari kedepan, tepatnya sebelum menuju ke Mina yang direncanakan pada tanggal 8 Juli 2023 mendatang.

Dalam rangka memberikan layanan dan mitigasi risiko pelaksanaan puncak haji di Armina (Arafah, Muzdalifah Mina), selaku Petugas Harian Daerah (PHD) Kloter 24 bersama dengan Ketua Kloter 24 serta petugas medis, aktivitas kunjungan intens dilakukan ke kamar-kamar para jamaah yang bertempat di Rawabi Mina Hotel, dalam rangka memastikan kesehatan para jamaah.

“Alhamdulillah, meskipun sebagian besar jamaah kloter 24 usia lansia, namun tetap semangat melaksanakan rangkaian ibadah haji. Kondisi mereka semua hingga saat ini dalam keadaan sehat walafiat. Kami tak hentinya mengimbau kepada para jamaah untuk meminimalkan aktivitas fisik di luar hotel tempat tinggal, karena dihawatirkan membuat kondisi menjadi lelah dan berdampak pada kondisi kesehatan para jamaah. Apalagi suhu di Kota Mekah cukup tinggi, utamanya pada siang hari,” terangnya.

Untuk diketahui, total jamaah haji kloter 24 sebanyak 393 orang, 8 diantaranya merupakan petugas yang terdiri dari satu orang ketua kloter, satu orang dokter, satu orang pemimpin ibadah, dua orang perawat, dan tiga orang PHD.

Terkait penginapan sangat baik dan jadwal makan pun tiga kali sehari yakni sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Setiap menu makan juga bervariasi sehingga banyak pilihan bagi para jamaah.

Untuk Sultra secara umum berjumlah lima kloter dengan total 2.044 jamaah haji.

Sekda Provinsi Sultra ini tak henti-hentinya mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Provinsi Sultra agar para jamaah haji selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik sehingga mendapatkan predikat takwa di sisi Allah SWT. Aamiin.

Reporter: Rahmat R.

 

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version