oleh

Cermat dan Teliti Manfaatkan Jasa Pinjaman Daring

-NEWS-28 dibaca

Minahasa Tenggara, 16 November 2021 – Sebanyak 860 peserta di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo (16/11). Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Pilih Pinjaman Daring yang Aman dan Legal”.

Program kali ini menghadirkan 860 peserta dan empat narasumber yang terdiri dari Dosen Komunikasi Universitas Semarang, Retno Manuhoro; Mahasiswa dan Kreator Konten, Monica Jauwry; Co-Founder blod.id, Rachmat Cahyadi Ngiu; dan Penjelajah Nusantara, Mohamad Taufiq Hippy. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Heri Susanto selaku Jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah Retno Manuhoro, yang membawakan tema “Go Cashless: Jenis-jenis Transaksi Digital di era New Normal”. Menurut dia, karena keunggulannya yang praktis, mudah, ringkas, hemat waktu dan tenaga serta proses yang jauh lebih cepat dan terpercaya, transaksi digital kian diminati masyarakat. “Agar aman bertransaksi digital, gunakanlah aplikasi terpercaya, aktifkan otentikasi dua langkah dan biometrik serta verifikasi pembayaran secara teliti,” ungkapnya.

Pramuka

Berikutnya, Monica Jauwry menyampaikan materi berjudul “Etika Pelayanan dalam Bisnis Digital”. Ia mengatakan, dalam mengembangkan bisnis atau usaha, kita perlu meningkatkan promosi yang menarik, membina hubungan baik dengan konsumen maupun rekan bisnis lainnya dan meningkatkan pelayanan pelanggan. “Beberapa etika pelayanan dalam berbisnis digital antara lain dengan memberikan penjelasan produk secara jujur dan jelas, sesuaikan estimasi pengiriman, persiapkan barang yang dijual, serta respon dengan bahasa yang baik dan sopan segala pertanyaan, komplain maupun kritik pembeli,” paparnya.

Sebagai pemateri ketiga, Rachmat Cahyadi Ngiu membawakan tema “Cara dan Legalitas Bayar Tagihan Daring”. Menurut dia, saat melakukan pembayaran secara daring, gunakanlah kartu kredit, debit atau dompet digital agar transaksi diproteksi secara penuh, jangan mudah percaya orang asing,  baca ulasan pembeli lain di lokapasar, hindari penggunaan WiFi publik dan simpan bukti transaksi.

Adapun Mohamad Taufiq Hippy, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema “Memahami Pinjaman Daring yang Aman dan Legal”. Ia mengatakan, untuk memastikan keamanan dan legalitas suatu pinjaman daring, perhatikan kredibilitas, besaran bunga dan biaya administrasi, pilihan jangka waktu dan jumlah pinjaman, serta keamanan data kita. “Jangan lupa memastikan legalitas penyelenggara transaksi keuangan daring yang akan kita pilih,” ujarnya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Antusias para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber dihargai panitia dengan memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Salah satu pertanyaan menarik peserta di antaranya tentang bagaimana menanggapi penipuan yang terjadi oleh penyedia aplikasi dompet digital maupun pihak-pihak yang mengatasnamakan diri kita. Narasumber menjelaskan bahwa dompet digital di Indonesia tak akan melakukan penipuan karena sudah diakui oleh Bank Indonesia. Sedangkan untuk penjual daring di lokapasar, kita harus teliti dan cermat memperhatikan ulasan pembeli lain. Jika mengalami penipuan, laporkan lewat laman www.cekrekening.id agar tak terjadi penipuan berkelanjutan.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan  materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

***

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

Humas Literasi Digital Sulawesi

Email                     : [email protected]

Website               : https://event.literasidigital.id

Instagram            : @siberkreasisulawesi

Twitter                 : @SiberkreasiSul

Facebook            : Siber Kreasi Sulawesi

Penulis : Redaksi

Terkini