NEWS

Dekranasda Konawe Gelar Pelatihan Warga Puriala Rajut Tali KUR

273
×

Dekranasda Konawe Gelar Pelatihan Warga Puriala Rajut Tali KUR

Sebarkan artikel ini

KONAWE, mediakendari.com Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan kerajinan rajut tali kur di Desa Tetehaka, Kecamatan Puriala. Pelatihan itu berlangsung dari tanggal (20-24/07/23).

Kegiatan dibuka langsung Ketua Dekranasda Konawe, Titin Nurbaya Saranani. Turut hadir juga Kepala Disperindagkop Konawe dan Camat Puriala.

Pada kesempatan tersebut, Dekranasda Konawe mengundang St Samsidar sebagai instruktur. Dia merupakan pelatih dari Rumah Kreatif Ariestha Kendari. Kegiatannya sendiri diikuti 26 peserta yang merupakan warga Puriala.

Ketua Dekranasda Konawe menuturkan, kegiatan digelar untuk meningkatkan kemampuan ibu-ibu pengrajin dalam berinovasi. Dengan begitu, diharapkan mutu dari produknya nanti bisa berkuakitas dan memiliki nilai jual ekonomi yang tinggi.

Selain itu lanjut Titin, dari pelatihan itu juga dinarapkan para pengrajin bisa bisa membuat desain dengan motif khas Konawe. Setidaknya kata dia, hal itu akan menjadi pembeda dari kejarinan tali kur dari daerah lainnya.

“Kerajinan kita harus ada pembeda, sehingga itu juga bisa menjadi ole-ole khas dari Konawe,” jelasnya.

Wanita yang juga menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Konawe itu mengungkapkan, pelatihan dan pembinaan pengrajin memang menjadi program rutin Dekranasda. Selain memberikan bantuan pengrajin, Dekranasda juga rutin melakukan promosi hasil kerajinan baik tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

“Dengan langkah-langkah ini, kita harapkan gairah kerajinan tangan Konawe bisa berkembang dengan baik,” pungkas Titin.

You cannot copy content of this page