MUNANEWS

Demokrat Muna Buka Penjaringan Bacabup, Kader Wajib Ikut Tarung Pilkada

427
×

Demokrat Muna Buka Penjaringan Bacabup, Kader Wajib Ikut Tarung Pilkada

Sebarkan artikel ini

MUNA, Mediakendari.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Muna mulai membuka pendaftaran bagi bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah 2024.

Proses pendaftaran secara resmi dibuka pada Senin, 1 April 2024. Formulir dapat diperoleh melalui perwakilan maupun bakal calon sendiri. Lokasinya di kantor DPC Demokrat Muna yang terletak di jalan sangke palangga, Kelurahan Laende, Kecamatan Katobu.

Ketua DPC Demokrat Muna, Awal Jaya Bolombo menyatakan, jika penjaringan usungan cakada terbuka untuk umum, baik kader maupun non kader. Kata dia, batas pengembalian formulir sampai 20 April.

“Waktunya selama 20 hari. Untuk pengambilan formulir bisa diwakilkan, namun saat pengembalian harus pendaftar itu sendiri yang datang,” ujar Awal Jaya Bolombo saat menggelar press reales di kantor DPC Demokrat Muna yang didampingi beberapa caleg terpilih pada Pemilu baru-baru ini.

Melalui proses Pemilu, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu berhasil memperoleh sedikitnya empat kursi di DPRD Muna. Tinggal membangung koalisi dengan partai lain yang setidaknya punya dua kursi untuk bisa menjadi tiket Bacakada maju di Pilkada nantinya.

“Sebelumnya kami sudah membangun komunikasi dengan partai lain dalam pembentukan koalisi untuk mendorong satu figur,” sebutnya.

Dalam menentukan pilihan pada figur usungan, pihak partai bakal melihat hasil surfei masing-masing pendaftar. Peringkat tertinggi tentu akan menjadi usungan yang dipilih nantinya.

Selain itu, kriteria calon usungan haruslah yang mampu melanjutkan program pemerintahan yang telah berjalan saat ini dan merubah yang belum sempurna.

“Ada uji lewat lembaga survey nasional, yang tertinggi itulah yang akan diusung,” katanya.

Ketua fraksi Demokrat di DPRD Muna itu juga menegaskan, partai tak akan dilepas pada usungan begitu saja jika tidak melibatkan kader. Artinya, baik tampil sebagai 01 maupun 02, tetap harus ada kader yang ikut bertarung.

“Mau tidak mau, tetap harus ada kader yang maju bertarung,” tuturnya dengan nada tegas

Diketahui, sampai saat ini telah ada beberapa nama bakal calon yang terlebih dulu membangung komunikasi untuk menggunakan Demokrat sebagai kendaraan politiknya di Pilkada 2024.

“Ada Rajiun Tumada, Bachrun Labuta melalui perwakilannya, Kardini dan Abdul Muslim,” bebernya.

Reporter : Erwino

You cannot copy content of this page