oleh

Desa Mekar Bokori Bakal Jadi Pelabuhan Khusus Wisata

-FEATURED, Kendari, KONAWE, WISATA-197 dibaca

KENDARI – Desa Mekar Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe diwacanakan bakal menjadi pelabuhan khusus untuk wisata oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Desa Mekar tersebut adalah lokasi strategis untuk menjadi terminal penghubung dengan lokasi wisata Pulau Bokori.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan, jika penetapan status pelabuhan khusus wisata melalui keputusan Gubernur Sultra.

“Penetapan status pelabuhannya nanti oleh Gubernur,” ucap dia, Kamis (18/01/2018).

Hado juga memaparkan apabila pelabuhan khusus wisata tersebut bisa berjalan lancar dan profesional, maka harus ada pengelola dan penanggung jawabnya yang ditunjuk langsung Gubernur.

Mantan Kadis PU Butur ini membeberkan, jika tarif angkutan darat dan laut di Sultra sudah diatur dalam Perda Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tarif Angkutan Darat dan Laut.

Hado membayangkan, jika suatu waktu ada swasta atau koperasi yang siap mengelola secara profesional pelabuhan khusus wisata tersebut, agar bisa memberikan pemasukan pada daerah nanti.

“Kita berharap nanti ada swasta, koperasi atau apa saja yang bisa mengelola pelabuhan itu secara profesional, agar bisa memberikan pelayann dan kenyamanan kepada pengunjung. Nantikan kita dapat PAD dari pengelolan mereka,” terangnya.

Menurut Katua Kekal Sultra ini, peran Dishub Sultra tidaklah kecil, sebab pihaknya menyiapkan sarana angkutan dan sarana prasarana untuk pelabuhan penyebrangan khusus wisata tersebut.

“Semoga wacana ini bisa kita wujudkan tahun ini,” harap Hado.

Reporter: Rahmat R
Editor: Kardin

Terkini