AdvertorialKONAWE

Dianggap Mengayomi Semua Umat, Pj Bupati Konawe Peroleh Tanda Kehormatan Adat Bali

492
×

Dianggap Mengayomi Semua Umat, Pj Bupati Konawe Peroleh Tanda Kehormatan Adat Bali

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com –  Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba memperoleh gelar kehormatan adat Bali Pusana Bali karena dianggap berjasa mampu mengayomi semua umat beragama.

Tanda kehormatan adat itu diberikan kepada Hamrin Ramba saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Utsawa Dharma Gita (UDG) keagamaan Hindu ke-V dengan tema ”Literasi Sastra Suci Mewujudkan SDM Hindu yang Moderat dan Kompetitif” di Wantilan Pura, Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Tongauna, Minggu 14 Januari 2024.

Penghargaan berupa Piagam diserahkan langsung oleh lembaga Adat Bali dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Konawe.

Harmin yang didampingi rombongan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Konawe disambut hangat Ketua Lembaga Umat Hindu dan ratusan warga Hindu dengan tampilan tarian penyambutan tamu adat Bali (Tari Pendet) yang dibawakan secara massal  dari 16 Desa Adat di Kabupaten Konawe.

Penari ini merupakan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Konawe dengan iringan musik gamelan.

“Setelah mendapatkan penghargaan adat Bali, ke depan saya berkomitmen akan tetap bersama dengan masyarakat Bali. Dan dari dulu saya selalu bilang tidak ada yang namanya orang Bali, yang ada orang Konawe semuanya,” ungkapnya.

Harmin mengaku dirinya berkomitmen mengayomi seluruh umat beragama di Kabupaten Konawe. Termasuk memperhatikan pembangunan rumah ibadah.

“Untuk suksesnya kegiatan ini, saya pesan kepada dewan Juri agar memberikan penilaian yang objektif sehingga dapat melahirkan juara yang nantinya mampu bersaing di tingkat Provinsi hingga tingkat nasional,” harapnya.

Komitmen yang ditujukan Harmin Ramba sudah nampak melalui dukungan dana untuk menyukseskan kegiatan UDG tingkat Kabupaten Konawe, Provinsi hingga di tingkat nasional nantinya. Termasuk mendukung kegiatan Melasti yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2024 di Bendungan Wawotobi Rahabangga Kelurahan Puunaaha.

Sementara itu, Anggota DPRD Konawe, Kadek Rai Sudiani mengatakan kegiatan UDG ini sudah yang kelima kali dilaksanakan di Kabupaten Konawe. Namun, baru tahun ini pelaksanaannya dihadiri Bupati.

“Terima kasih pak Bupati telah mengalokasikan anggaran miliaran rupiah untuk kegiatan keagamaan. Dan ini sangat spesial bagi umat beragama di Kabupaten Konawe,” ujarnya. (Adv).

You cannot copy content of this page