BAUBAUNEWS

Dikbud Baubau Bahas Dokumen Indeks Pembangunan Kebudayaan

1698
×

Dikbud Baubau Bahas Dokumen Indeks Pembangunan Kebudayaan

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar seminar akhir membahas dokumen indeks pembangunan kebudayaan di aula kantor Dikbud Baubau, Jum’at 29 September 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dikbud Baubau, Masrun, S.S.T.Par mengatakan maksud dari kegiatan tersebut adalah menyediakan basis data dan informasi dalam rangka perumusan dan formulasi kebijakan pembangunan daerah di Kota Baubau.

“Tujuannya yaitu untuk menyediakan dokumen yang akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun dan merumuskan kebijakan bidang kebudayaan,” ungkap pria yang akrab disapa Gonu itu.

Gonu menyebut, sasaran yang ingin dicapai yakni dimensi ekonomi sosial dan budaya, pendidikan, ketahanan sosial budaya, warisan dan ekspresi budaya, budaya literasi dan dimensi gender.

Sementara itu, salah satu tim ahli penyusunan dokumen Indeks pembangunan Kebudayaan, Dr Firman Alamsyah Mansur menjelaskan saat ini indeks prestasi kumulatif (IPK) pembangunan kebudayaan di daerah eks pusat Kesultanan Buton itu terbilang masih rendah. Saat ini, kata Imran, IPK Kota Baubau masih diangka 49,81% berada di bawah target nasional yang mematok harus di atas angka 51,90%.

“Indikator dimensi ekonomi sosial dan budaya masih sangat rendah sebesar 7 persen. Dimensi pendidikan juga masih rendah dengan presentase 65,56 persen. Sedangkan dimensi ketahanan sosial budaya sudah sangat baik sebesar 70,84 persen. Indikator dimensi budaya masih rendah hanya 42,81 persen. Dimensi ekspresi budaya juga masih rendah hanya 22,15 persen. Sementara dimensi budaya literasi sudah cukup baik dengan presentase 59,82 persen dan dimensi gender sudah baik, presentasenya 58,62 persen,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page