BAUBAUNEWS

Dinkes Baubau Imbau Masyarakat Waspada DBD

1128
×

Dinkes Baubau Imbau Masyarakat Waspada DBD

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau masyarakat di daerah itu agar waspada demam berdarah dengue (DBD) mengingat saat ini memasuki pergantian musim penghujan.

“Untuk mencegah timbulnya penyakit demam berdarah dengan 3 M plus yaitu menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas serta mencegah gigitan dan perkembangan nyamuk,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) P2 Dinkes Kota Baubau, Yuslina dalam keterangannya ditulis, Jum’at 12 Januari 2024.

Menurutnya, kasus BDB terjadi karena perilaku hidup yang kurang memperhatikan keberisihan lingkungan. Penyakit tersebut juga perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian.

“Upaya lainnya  yang dapat dilakukan juga untuk mengurangi sarang nyamuk dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, gotong royong membersihkan lingkungan, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, meletakan pakaian bekas dalam wadah tertutup, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar,  menanan tanaman pengusir nyamuk, periksa rutin tempat-tempat penampungan air, menggunakan anti nyamuk memberikan larvasida pada penampungan air yang sudah dikuras,” urainya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page