NEWS

Dipertan Baubau Klaim Aman dari PMK

657
Ilustrasi hewan ternak bebas virus PMK.

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dipertan) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengklaim masih aman dari virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk ternak sapi, kambing dan babi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dipertan Baubau, Jusriati mengatakan, Baubau bisa bebas PMK karena pihaknya membentuk satuan tugas (Satgas), internal yang bertugas mengawasi ternak sapi, kambing dan babi ditiap Kecamatan di daerah itu yang memiliki ciri-ciri terjangkit PMK.

Dirinya menyebut, pihaknya juga rutin melakukan pengobatan gratis kepada hewan ternak. Untuk memastikan pula Baubau behas PMK, ia terus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Sultra.

Baca Juga : Polresta Kendari Amankan Pengedar Sabu Saat Sedang Asik Berdua Bersama Pacar di Kamar Hotel

“Seharusnya satgas ini antara instansi, misalnya tambahan dari kepolisian tapi karena tidak ada dana, kita bentuk satgas lingkup Peternakan dulu. Anggotanya delapan orang,” ungkap Jusriati Selasa (13/9/2022).

Ia juga memberikan beberapa tips, aman bagi peternakan maupun pembeli, diantaranya perlunya memandikan hewan ternak seperti sapi, selanjutnya mengisolasi/karantina ternak baru dari luar daerah. Kemudian membatasi pengunjung atau pembeli ternak.

“Sedapat mungkin pembeli tidak berinteraksi atau memegang langsung ternak jualan. Sebab manusia juga menjadi salah satu perantara virus PMK kepada hewan. Pencegahan dini ditingkat peternak pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menjaga kebersihan hewan bersama sanitasi kandangnya selalu dalam keadaan bersih dan sehat,” tuturnya.

Penulis : Ardilan

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version