BAUBAUBREAKING NEWSMETRO KOTAPemerintahan

Disnaker Baubau Rampungkan Seminar Akhir Pembangunan BLK

893
×

Disnaker Baubau Rampungkan Seminar Akhir Pembangunan BLK

Sebarkan artikel ini
Kadisnaker Kota Baubau, Moh Abduh.

BAUBAU, Mediakendari.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) merampungkan seminar akhir Feasibility Study (FS) untuk pembangunan balai latihan kerja (BLK) tahun 2023.

Kepala Disnaker (Kadisnaker) Kota Baubau, Moh Abduh mengungkapkan seminar akhir FS yakni  dokumen yang memuat kajian dan rekomendasi pendirian BLK dengan mempertimbangkan aspek ketenagakerjaan, demografi, geografi, hukum, sosial budaya, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, manajemen dan pendanaan.

“Output yang yang ingin dicapai adalah tersedianya dokumen sebagai salah satu persyaratan dan pedoman pendirian balai latihan kerja pada tahap selanjutnya,” ungkap Moh Abduh dalam keterangannya ditulis Senin, 18 Desember 2023.

Abduh menerangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mendirikan BLK sebagai persiapan menghadapi perkembangan jumlah penduduk, ketenagakerjaan dan investasi di daerah itu.

Menurutnya, langkah ini merupakan terobosan dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja di daerah eks pusat Kesultanan Buton secara khusus dan Sultra secara umum agar mampu beradaptasi, bertahan di tengah perubahan dunia kerja dan mampu menghadapi persaingan lokal, regional maupun global yang semakin ketat.

Ia menjelaskan BLK merupakan salah satu instrumen peningkatan kompetensi tenaga kerja, mempunyai peranan sangat penting dalam mentransformasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja produktif dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja.

“Karena itu, untuk menjamin kualitas pelatihan kerja diperlukan BLK  yang memenuhi standar. Salah satu persyaratan pendirian BLK adalah harus memiliki dokumen FS,” ujarnya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page