NEWS

Dispar Sultra Optimis Tahun 2024 Mampu Meningkat Jumlah Perjalanan Wisnus

757
×

Dispar Sultra Optimis Tahun 2024 Mampu Meningkat Jumlah Perjalanan Wisnus

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) optimis mampu meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 13,1 juta perjalanan pada tahun 2024 ini. Target ini tidak terlepas dari trend perjalanan wisnus di sepanjang tahun 2022-2023 yang menunjukkan peningkatan signifikan.

“Tahun ini, target perjalanan wisnus di Sultra kita sebesar 13,1 juta perjalanan. Kita optimistis, target itu bisa kita capai,” kata Belli dalam siaran persnya, Rabu 17 Januari 2024.

Belli menjelaskan, salah satu yang mendukung perjalanan wisnus di Sultra dapat mencapai target adalah dibukanya kembali rute penerbangan Surabaya-Kendari oleh maskapai Lion Air, yang dimulai pada 19 Januari mendatang.

Dengan dibukanya rute ini, menambah penerbangan langsung dari dan menuju Kendari menjadi tiga rute, yang sebelumnya hanya Jakarta dan Makassar.

Selain pembukaan rute baru penerbangan tersebut, Belli juga yakin, Sultra menjadi salah satu titik perhatian sektor kepariwisataan, setelah dinobatkan sebagai provinsi terbaik dalam ajang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) tahun 2023 lalu.

“Prestasi kita tahun lalu menjadi motivasi untuk bekerja lebih keras lagi. Berupaya menunjukkan bahwa Sultra memang layak menjadi yang terbaik. Tentu saja, masih banyak hal yang harus kita benahi,” tambahnya.

Dia mengatakan, pemerintah provinsi tidak bisa bekerja sendiri. Kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota merupakan salah satu kunci sukses untuk mendorong sektor pariwisata terus tumbuh dan berkembang.

Sebagai langkah awal, Dispar Sultra telah berkoordinasi dengan dinas pariwisata di kabupaten/kota untuk menggelar peluncuran kalender event se-Sultra. Pihaknya sedang mendata event-event yang akan digelar di kabupaten/kota, baik itu yang dibiayai oleh pemerintah maupun yang digekar oleh pihak swasta.

“Kalender event ini sangat bermanfaaat bagi pelaku industri pariwisata maupun wisatawan dalam merencanakan agendanya di Sultra,” ujarnya.

Rencananya, peluncuran kalender event akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang.

You cannot copy content of this page