BAUBAUNEWS

Disperdagin Bersama Bulog Baubau Menyiasati Lonjakan Harga Bahan Pokok dengan Cara Ini

1340
×

Disperdagin Bersama Bulog Baubau Menyiasati Lonjakan Harga Bahan Pokok dengan Cara Ini

Sebarkan artikel ini
Operasi pasar murah di kantor Disperdagin Kota Baubau.

BAUBAU, Mediakendari.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Perum Bulog Kota Baubau menyiasati lonjakan harga bahan pokok di pasaran dengan cara menggelar pasar murah selama dua hari di kantor Disperdagin Baubau, mulai Selasa 26 September 2023 hingga Rabu esok.

Kegiatan dua instansi itu menyediakan bahan pokok seperti Beras Medium Kemasan 5 Kilogram (Kg) dengan harga Rp 54.500, Minyak goreng kemasan 1 Liter dengan harga Rp 14 ribu, Gula Pasir dengan harga Rp 14 ribu dan Telur ayam ras dengan harga Rp 50 ribu per satu rak.

“Operasi ini merupakan upaya Pemerintah menekan gejolak harga beras yang terus mengalami kenaikan,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan, Disperdagin Baubau, Dedi Djabir.

Dedi menerangkan kegiatan ini terbilang mendadak. Namun, atas perintah pimpinan yang melihat kondisi harga di pasaran terus melambung pihaknya langsung melaksanakan pasar murah tersebut. kata Dedi, nanti juga akan ada operasi pasar di delapan kecamatan secara bertahap.

Ditempat sama, Asisten Manager Supply Chain Bulog Baubau, Syahrul Budi R menambahkan dalam operasi pasar ini, warga yang hendak berbelanja cukup membawa uang dan melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) serta kartu keluarga (KK) dengan rincian belanjaan maksimal 20 kg beras, empat liter minyak goreng serta dua kg gula pasir masing-masing KK.

Syahrul menyebut, pihaknya menerapkan harga sesuai HET yang ditetapkan oleh Badan Pangan Nasional.

“Kita siapkan 10 ton beras untuk dua hari. Jadi satu hari lima ton. Kalau gula, masih dalam perjalanan,” ujarnya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page