oleh

DKP Konawe Tingkatkan Budidaya Ikan Berbasis Karamba

Redaksi

KENDARI – Bidang Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe bakal meningkatkan pembudayaan perikanan pesisir berbasis keramba jaring apung dan keramba jaring tancap.

Kepala Bidang Budidaya Perikanan DKP Konawe, Abing Haseng menjelaskan, hal itu sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara agar budidaya perikanan ditingkatkan.

“Untuk Jaring apung, di wilayah pesisir ini dialokasikan sebanyak 19 keramba, ada yang jaring apung ada yang tangkap, untuk budidaya komoditas lobster dan ikan perairan dalam,” kata Abing pada penyerahan bantuan bagi nelayan di Kecamatan Soropia, Kamis (26/12/2019).

Abing juga menjelaskan, untuk kelompok usaha yang dibina DKP Konawe untuk kategori keramba jaring apung sebanyak 19 kelompok usaha yang berada di wilayah pesisir di Kecamatan Lalonggasu Meeto dan Soropia.

BACA JUGA :

Menurutnya, selain di pesisir, pihaknya juga menggalakan budidaya perikanan darat berbasis kolam, sebagai bagian dari pelaksanaan program unggulan Pemda Konawe, yakni 1000 kolam.

“Tahun 2020 kedepan, kita masih akan perluas untuk penerima bantuan unit keramba dan budidaya ikan, termasuk percetakan kolam termasuk pemberian bibit ikannya,” tutupnya.

Terkini