KONAWENEWS

Dua Desa di Pondidaha Langganan Banjir di Musim Pengujan, Pj Bupati Harmin Ramba akan Buatkan Kolam Retensi sebagai Solusi Banjir Tahunan

865
×

Dua Desa di Pondidaha Langganan Banjir di Musim Pengujan, Pj Bupati Harmin Ramba akan Buatkan Kolam Retensi sebagai Solusi Banjir Tahunan

Sebarkan artikel ini

KONAWE – Dua Desa di Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sultra menjadi langganan banjir setiap tingginya intensitas penghujan selalu membuat banjir.

Kedua desa masing-masing Desa Laloika dan Lalongatomi membuat Pj Bupati Konawe Harmin Ramba harus meninjau kondisi warga pada, Jum’at (10/5/2024).

Harmin menjelaskan untuk solusi mengatasi banjir di Laloika, pihaknya akan berkordinasi dengan pihak BWS Sulawesi IV Kendari, Provinsi dan instansi terkait agar bagaiman kedepan tak ada lagi banjir di wilayah 2 desa tersebut.

Menurut Harmin, upaya yang akan dilakukan sebagai kepala daerah agar dua desa tersebut tidak lagi langganan banjir salah satunya membuatkan Kolam retensi.

“Dua desa tersebut merupaka wilayah yang dataran rendah jadi setiap hujan, luapan sungai Konaweha pasti merendam wilayah ini,” cetusnya.

Lebih jauh Harmin Ramba memastikan warga yang terkena banjir akan diberikan bantuan bagi sandang, pangan, pengobatan maupun bantuan pertanian.

“BPBD stand by, perawat standby, kami siapkan 1 ambulan untuk stand by, kalau perlu kita patungan untuk membantu warga kita,” Imbuh Harmin.

Mendengar pernyataan Bupati Harmin, Kepala Desa Laloika Yayan menyampaikan kondisi ini telah berlangsung selama 3 hari.

“Sudah 3 hari ini pak, yang terkena banjir ini warga kami di dusun 2 ada sekitar 49 KK,” katanya.

Lanjutnya, saat ini warga yang terkena banjir sementara mengungsi di balai desa, gereja dan rumah keluarga Masing-masing.

“Untuk saat ini warga yang terkena banjir sementara mengungsi, sebagian masih bertahan, semoga bencana ini segera berakhir karena saat ini sudah banyak kerugian yang dialami masyarakat akibat bencana banjir ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kunjungan orang nomor wahit di lokasi banjir di Kecamatan Pondidaha merupakan bentuk pelayanan prima yang diberikan oleh Pemkab Konawe, ditengah kondisi yang memprihatinkan Harmin Ramba hadir memberikan dukungan moril untuk warga yang terkena dampak banjir.(MK)

You cannot copy content of this page