NASIONALNEWSPROV SULTRA

Duta Wisata Nasional 2023 Mulai Diseleksi

857
×

Duta Wisata Nasional 2023 Mulai Diseleksi

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pemilihan Duta Wisata Indonesia tingkat nasional ke-17 tahun 2023 mulai dilakukan seleksi yang dimulai Kamis sampai Senin, 27 November 2023 yang digelar Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dispar Sultra, Belli mengatakan 10 finalis dari Provinsi di Indonesia yang bergabung dalam rangka pemilihan duta wisata nasional. Sultra merupakan salah satu Provinsi terbaik dalam pergerakan wisatawan dimana tahun 2021-2022 Sultra mencatat pertumbuhan yang terbaik dan tahun ini pihaknya yakin bisa lebih meningkatkannya.

Menurutnya, gerakan wisatawan ini bakal meningkat putaran ekonomi karena ada kunjungan wisatawan.

“Terima kasih kepada bapak Pj (Penjabat) Gubernur Sultra dan Sekda Sultra dalam kebijakan tersebut sehingga Sultra menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Dalam pengumuman resminya sehingga dalam satu minggu kedepan, membuat kami berdebar yaitu pertama yang membanggakan kita masuk 15 desa terbaik dan anugerah yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Desa dan besok malam akan diumumkan siapa pemenangnya dan hari Minggu malam akan diselenggarakan pengumuman anugerah desa wisata di Jakarta bisa bersaing nantinya,” ungkap Belli selaku Ketua Panitia.

Sementara itu, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio membuka acara menyebut bahwa 10 utusan terbaik dari berbagai daerah yang nantinya akan menjadi duta wisata tahun 2023.

“Saya selaku mewakili pimpinan wilayah bapak Pj Gubernur Sultra menyampaikan bahwa event yang mempunyai desa wisata atau bagian dari tantangan bagi kita yaitu, bangga berwisata di Indonesia, nantinya duta wisata ini akan menjadi agen-agen yang mempromosikan kekayaan, keragaman budaya di Indonesia dan pada akhirnya akan mendorong para wisatawan, paling tidak wisatawan nusantara dapat mendorong perekonomian pada tahun ini dan  pemerintah pusat melalui kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif RI menargetkan wisata nusantara dapat meningkatkan,” katanya.

Untuk kunjungan wisata saat ini meningkatkan pesat dalam 5 tahun terakhir namanya duta wisata sehingga orang-orang yang terbaik, sehingga ada 10 utusan terbaik dari berbagai daerah dan akan menjadi duta wisata tahun 2023, Berdasarkan data BPS wisata nusantara/lokal sekitar 626 juta, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi dala peningkatan dalam perjalanan wisata di Indonesia

Serta menyaksikan 10 Finalis Duta Wisata Tahun 2023 dari Provinsi mereka berpasangan yaitu Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Papua Selatan, Sultra.

You cannot copy content of this page