Empat Buaya Ditangkap Warga Dilepasliarkan di Taman Rawa Aopa

NEWS456 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Sebanyak empat ekor buaya ditangkap oleh warga Desa Lalonggombu, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dengan bantuan dua orang pawang buaya dari Sulawesi Selatan (Susel).

Namun sayangnya, keempat ekor buaya tersebut tidak semuanya selamat masing-masing diantaranya, dua ekor mati karena kondisi lemas dan dua ekor lagi selamat dengan jenis kelamin jantan.

Dua ekor buaya yang selamat dievakuasi oleh Tim Rescue dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan kemudian dilepasliarkan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumahai.

Kepala Balai KSDA Sultra, Sakrianto Djawie mengatakan tim rescue mendapatkan laporan dari Kepala Desa Lalonggombu bahwa ada empat ekor buaya yang ditangkap oleh warganya.

Atas informasinya itu, tim rescue melakukan persiapan baik itu kesiapan personil, peralatan, mobilisasi, dan koordinasi dengan Balai TN Rawa Aopa untuk kesiapan lokasi pelepasliaran.

“Kami turunkan 10 personil yang berangkat dari Kendari menuju Desa Lalonggombu, dan kami juga tidak lupa melakukan koordinasi dengan aparat setempat untuk mengevakuasi buaya tersebut,” tulis Sakrianto melalui pres rilis yang diterima jurnalis Mediakendari.com, Senin 2 Januari 2023.

Ia menjelaskan tim rescue tiba di tempat tujuan telah menemukan empat ekor buaya tersebut dalam kondisi tidak semuanya hidup, dua ekor diantaranya sudah mati karena kondisi lemas.

Hal tersebut juga disaksikan oleh Wakil Bupati Konawe Selatan, Kapolres Konsel, Camat Lainea, Kapolsek Lainea, Kepala Desa, dan warga setempat.

“Tim rescue kemudian melepasliarkannya ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumahai,” pungkasnya.

Reporter : Hendrik