Empat Bupati dan Empat Gubernur Berganti, Desa Waara di Buteng Baru Nikmati Air Bersih

Reporter: Syaud Al Faisal / Editor: La Ode Adnan Irham

LABUNGKARI – Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin meresmikan sarana air bersih di Desa Waara, Kecamatan Lakudo, Selasa 17 Maret 2020.

Samahuddin mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan sangat mendasar untuk masyarakat. Pemerintah terus berupaya memenuhinya desa-desa yang belum dapat menikmati air bersih.

“Saya alokasikan 900juta melalui APBD-P tahun 2019 untuk pembangunan sarana air bersih khusus desa waara ini karena dari tahun ke tahun belum dapat terpenuhi, serta ini merupakan salah satu janji kampanye saya dulu,” jelasnya.

Bupati Buton Tengah, Samahuddin meresmikan sarana air bersih di Desa Waara. Foto: Syaud Al Faisal

Kepala Desa Waara, Samsul Zinu mengaku bereyukur adanya akses air bersih yang selama puluhan tahun sulit didapatkan warganya. Selama ini warga desanya harus rela menyebrang dengan kapal membeli air bersih di Kota Baubau menggunakan jerigen.

“Empat bupati, empat gubernur dan enam kepala desa berganti, nanti di kepemimpinan pak Samahuddin baru dapat direalisasikan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Desa Waara Kecamatan Lakudo memiliki 226 rumah dalam penyaluran air bersih ini baru dapat di realisasikannya sebanyak 70 rumah.

Sedangkan sumber anggaran sarana air bersih ini bersumber dari tiga sember anggaran, APBD-P 2019 sebesar Rp 900 juta, Dana Desa Rp 850 juta dan 240 dari Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas). (A)

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total