oleh

Gubernur Sultra Janji Prioritaskan Pembangunan di Mubar Melalui APBD 2019

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Selasa (9/10/2018). Kegiatan ini merupakan kunjungan perdana Ali Mazi sejak dilantik menjadi Gubernur Sultra. Ali Mazi bertolak dari Makassar dengan menggunakan Helikopter kemudian mendarat di Bandara Sugi Manuru, Mubar. Kedatangan Ali Mazi langsung disambung hangat dengan tarian Reog Ponorogo.

Gubernur dijadwalkan akan melakukan kunker Mubar hingga Rabu (10/10/2018) besok. Setelah mendapatkan sambutan hangat dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Gubernur langsung meninjau kawasan perkantoran Bumi Praja Laworo Kecamatan Barangka, Mubar.Lahan yang disiapkan oleh Pemda untuk lokasi perkantoran tersebut sekitar 30 hektar.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada berharap dalam kunjungan perdana Gubernur Ali Mazi agar memperhatikan masalah infrastruktur di Mubar, terutama jalan provinsi dan bendungan di Lawada.

“Yang paling urgen adalah jalan mulai dari Lagadi – Lindo yang berada di Kecamatan Lawa dan Wadaga. Dimana jalan ini merupakan kewenangan provinsi,” ungkapnya, Selasa (09/10/2018).

Selain itu, Kata Rajiun yang terpenting dan mesti diperhatikan oleh Pemprov adalah Bendungan yang berada di Lawada Marobhea dalam bentuk irigasi Marobea-Lawada.”Bendungan ini bisa mengairi sekitar 3 ribu hektar plus percetakan 500 hektar di sekitar bendungan,” bebernya.

Mantan Kasat Pol PP Provinsi juga menyebut semua sudah ada proposalnya dan akan diserahkan dalam acara pesta rakyat dalam rangka penyambutan Gubernur Sultra pada Rabu (10/10/2018). Soal dua program tersebut, merupakan inisiatif dari Pemda Mubar dan bukan janji politik pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN).

Proposal akan diserahkan pada acara syukuran besok, kendala di Mubar adalah infrastruktur dan butuh perhatian dari pemprov serta pemerintah pusat. Dan program ini bukan untuk menagih janji politik, karena AMAN tidak pernah kampanye ke Mubar,” terangnya.

Sementara itu, Ali Mazi mengatakan, akan memberikan bantuan pembangunan infrastruktur melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sultra pada 2019 mendatang. Dimana bantuan tersebut tergantung program apa yang diusulkan Pemda Mubar.

“Insya Allah pada 2019 mendatang, kita akan bantu pembagunan di daerah ini,” jelas politisi Nasdem ini. (b)

Reporter : Rahmat R.

Terkini