NEWS

Gubernur Sultra Terima Kunjungan Senator dari Amerika Serikat

838

KENDARI,MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi menerima kunjungan senator Negara Bagian Hawaii untuk Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Reciprocal Project dari Amerika Serikat, Christopher Kalani Cushman, di Aula Serbaguna Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Minggu, 18 Juni 2023.

Christopher Kalani Cushman dikesempatan itu mengungkapkan pengalaman pertama ke Indonesia adalah berkunjung langsung ke Sultra tepatnya di Kota Kendari. Tujuannya, dirinya ingin membuka kembali kerja sama dan pemahaman yang lebih baik lagi mengenai Hawaii.  Program tersebut, untuk mempermudah USA dan juga Negara-Negara Asia Tenggara terutama Indonesia untuk saling belajar satu sama lain terkhusus mempelajari hukum adat masyarakat Sultra.

“Sama-sama saling belajar. Kalau di Hawaii dan terutama juga Indonesia memiliki masalah yang sama mulai masalah dari nelayan, sumber daya perikanan, kelautan dan bagaimana juga mengembangkan masyarakat-masyarakat di daerah pesisir dan kepulauan. Terima kasih sekali kepada Bapak Gubernur dari pihak-pihak jajaran terkait yang sudah menerima kami di Sulawesi Tenggara dan juga sudah sama-sama bergembira untuk memajukan masyarakat pesisir dan kepulauan,” ungkap Christopher.

Christopher mengaku tertarik dengan hasil perkebunan di Sultra misalnya kopi, coklat dan kakao. kata dia, di Hawaii juga terdapat produk terkenal yakni Coklat Hawaii. Hanya saja, di Hawaii tidak memiliki perkebunan yang cukup  besar untuk coklatnya.

Mungkin dengan kunjungan ini bisa ada kolaborasi yang lebih jauh lagi antara Sultra dan Hawaii untuk memproduksi coklat. Saya mengucapkan terima kasih atas sambutannya dan akan kembali lagi ke Sultra setelah ke Hawaii,” katanya.

Sementara itu, Ali Mazi berharap hasil kunjungan itu membuahkan kerjasama antara Sultra dan Hawaii. Menurutnya, di Sultra bukan hanya terdapat hasil perkebunan saja, akan tetapi hasil alam lainnya seperti pertambangan emas, nikel, aspal dan lainnya.

“Kemudian kita bicara kelautan memiliki pariwisata sehingga kita memiliki 10 destinasi, kita mempunyai terumbu karang yang cukup bagus kurang lebih 570 spesies sehingga di Wakatobi masuk 10 destinasi pariwisata. Hawaii dan Sultra bisa kolaborasi kedepannya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Ali Mazi memberikan Cindremata kepada Christopher berupa tugu persatuan Sultra. Sedangkan, Ali Mazi menerima petaka kayu, coklat dan bingkisan dari Christopher Kalani Cushman. (Adm).

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version