HEADLINE NEWSKONAWE SELATANSULTRA

Hadiri Panen di Konsel, Pj Gubernur Sultra : Sangat Berarti untuk Pemenuhan Pangan

575
×

Hadiri Panen di Konsel, Pj Gubernur Sultra : Sangat Berarti untuk Pemenuhan Pangan

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menghadiri panen raya padi sawah seluas 564 hektar dari 53 kelompok tani di Desa Masagena, Kecamatan Konda, Konawe Selatan (Konsel), Sabtu 18 November 2023.

“Ini sangat sangat berarti bagi pemenuhan pangan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Saya ucapkan terima kasih pada para Petani di seluruh Sulawesi Tenggara,” ungkap Andap.

Ia menyebut, rata-rata Kecamatan Konda mampu menghasilkan 5,1 ton perhektarnya sehingga total panen saat ini 2876, 4 ton.

Andap juga akan mengambil langkah konkret dalam menyikapi keberlangsungan produktivitas pertanian di Sultra yang tidak mungkin hanya menjadi tanggung jawab para Petani.

“Saya instruksikan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengalokasikan anggaran pada program yang mendukung sektor pertanian, baik peningkatan kesejahteraan petani dan keluarganya, maupun untuk produktivitas lahannya,” tegas Andap.

Untuk mendukung mengatasi tingginya harga beras akibat kurangnya hasil produksi, Pemerintah Provinsi akan berkoordinasi dengan Bapanas & Bulog untuk membangun industri penggilingan padi serta ke depan hasil panen petani akan diprioritaskan untuk pemenuhan stok pangan di Sultra.

“Kami akan terbitkan surat instruksi agar ASN di Sultra wajib membeli beras lokal yang pengadaannya akan dikoordinasikan dengan Bulog. Pemerintah Provinsi juga akan berupaya untuk membangun industri penggilingan padi ‘Modern Rice Milling Plant dan merumuskan subsidi harga guna menjamin harga beli dari petani,” katanya.

Andap menyalurkan 150 liter ‘POC’ Pupuk Organik cair, 108 botol pestisida penalti dan 108 botol pestisida corona kepada perwakilan Kelompok Tani yakni Kelompok Tani Mekar Sari, Sinar Tani dan Tani Amohalo 1. (Rd)

You cannot copy content of this page