BREAKING NEWSNASIONALPROV SULTRA

Hadiri SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia, Pj Gubernur Sultra : Dukung Kebijakan Presiden

294
×

Hadiri SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia, Pj Gubernur Sultra : Dukung Kebijakan Presiden

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menghadiri acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia INA Digital di Istana Negara Jakarta, Senin 27 Mei 2024.

Acara ini menandai langkah besar dalam pengembangan teknologi pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan publik di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat tiga agenda utama yakni peluncuran GovTech Indonesia INA Digital, peluncuran tahap awal aplikasi SPBE Prioritas dan pemberian digital _Government Award_ sebagai bentuk apresiasi kinerja dan prestasi bagi Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Presiden Joko Widodo, yang hadir dalam acara ini, memberikan arahan terkait pentingnya upaya peningkatan layanan pemerintah melalui teknologi digital. Dalam arahannya, Presiden menekankan bahwa tujuan dari birokrasi bukan untuk mempersulit, tetapi untuk membantu, mempermudah, dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Presiden juga mengkritisi bahwa terdapat sekitar 27 ribu platform aplikasi yang berjalan sendiri-sendiri, tumpang tindih, dan tidak terintegrasi. Beliau mengintrusikan bahwa pada tahun 2024, pemerintah harus berhenti membuat platform aplikasi baru guna mempercepat pelayanan publik dan meminimalisasi birokrasi yang rumit.

Sebaliknya, fokus yang harus diberikan pada penguatan GovTech Indonesia dengan peluncuran INA Digital serta integrasi dan interoperabilitas data antar kementerian/lembaga dan daerah, menghilangkan ego sektoral yang selama ini menjadi hambatan.

“Diharapkan seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk dapat lebih efektif dalam memberikan layanan kepada masyarakat, serta mendorong terciptanya pemerintahan yang lebih transparan, efisien, dan akuntabel,” tegas Presiden Jokowi.

Sementara itu, Andap Budhi Revianto menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh kebijakan Presiden dalam implementasi GovTech Indonesia INA Digital di Sultra.

“Kami akan tindak lanjuti arahan Bapak Presiden, Sulawesi Tenggara serta siap mendukung penuh implementasi GovTech Indonesia INA Digital dan berkomitmen untuk melakukan langkah persiapan dalam rangka integrasi data untuk meningkatkan pelayanan publik di wilayah kami. Dengan adanya implementasi GovTech dan SPBE Prioritas, kedepan kami optimis Pemprov Sultra akan memberikan layanan yang semakin cepat, mudah, dan transparan bagi masyarakat,” katanya.(red)

You cannot copy content of this page