KONAWENEWS

Hadirkan Mentan RI, PJ Bupati Rencanakan Pembuatan Kota Padi Konawe

1139
×

Hadirkan Mentan RI, PJ Bupati Rencanakan Pembuatan Kota Padi Konawe

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana menghadirkan menteri pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman untuk branding city bernama kota padi.

Penjabat (Pj) Kabupaten Konawe, Harmin Ramba mengungkapkan kedatangan Mentan merupakan hasil diplomasinya dalam rencana untuk mendapat dukungan dari pemerintah pusat untuk membangun Kota Padi di Konawe.

Menurutnya, dukungan dari pemerintah pusat bakal memudahkan mewujudkan rencana tersebut mengingat kemampuan APBD Konawe terbatas.

“Mentan nanti datang di desa puroda. Sekaligus memberikan bantuan pencetakan sawah, alsintan, peternakan sawah, bantuan bibit komoditas padi, jagung dan pupuk,” ungkapnya.

Ia menyebut, luas lahan sawah yang produktif di Konawe sekitar 29 ribu hektar dari potensi 118 ribu hektar. Bila dapat dioptimalkan maka BUMD bidang pangan juga bisa dibuat di Konawe.

Harmin menguraikan bila satu hektar sawah dapat menghasilkan 8 ton dengan dua kali musim panen maka kesejahteraan masyarakat Konawe sudah bisa terbayang. Kedepan, pihaknya juga berencana meningkat hasil panen setahun menjadi tiga kali.

“Kalau sektor pangan kita kuat maka kita tidak perlu mengandalkan tambang. Ini juga sejalan dengan city branding sebagai kota padi,” ujarnya.(Red)

You cannot copy content of this page