oleh

Harga Ikan Di Kota Kendari Melonjak, Nelayan: Pengaruh Faktor Cuaca

-NEWS-82 dibaca

Reporter: Dila Aidzin
Editor: Sardin.D

 

KENDARI – Sejak beberapa pekan terakhir, harga ikan di Pelelangan Kota Kendari tergolong mahal, akibat dari buruknya cuaca yang menyebabkan pasokan ikan menjadi turun. Tingginya gelombang air laut juga menjadi salah satu penyebab pasokan ikan menjadi berkurang sehingga berdampak pada harga ikan yang menjadi mahal.

Salah seorang nelayan, Usman mengatakan bahwa harga ikan menjadi naik biasanya disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak baik sehingga pasokan ikan yang didapatkan oleh nelayan menjadi berkurang.

“Faktor cuaca, angin kencang, hujan itukan factor ikan menjadi berkurang,” kata Usman saat diwawancarai Mediakendari.com Rabu, 25 Agustus 2021.

Selain itu juga, Usman mengatakan bahwa semenjak cuaca menjadi buruk jumlah tangkapan yang didapat ikut berkurang dari yang biasanya.

Baca Juga: Peringati Hari Muharram Bapera Sultra, Bagikan Santunan Ke Panti Asuhan

“Biasanya jumlah ikan yang didapat dalam sekali melaut itu lebih dari dua ton, namun untuk sekarang ini jumlah ikan hanya berkisar antara 700 kilo hingga satu ton,” jelasnya.

Sementara itu Asis selaku nelayan juga mengatakan bahwa harga ikan saat ini sudah mencapai Rp 30.000 atau lebih. Pendapatan juga menurun, namun karena diimbangi dengan harga ikan yang naik pendapatan tersebut tidak jauh berbeda dengan pendapatan jika cuaca membaik.

“Sebelumnya kenaikan harga ikan tidak sampai seperti ini, sebelum naik harga ikan Rp 21.000 hingga Rp 23.000 per kilonya,” ujar Asis.

Nelayan berharap cuaca segera membaik agar pasokan ikan terus meningkat sehingga harga ikan dapat dijangkau oleh masyarakat dan juga membuat pendapatan para nelayan semakin meningkat.

Terkini