KONAWENEWS

Harmin Ramba Komitmen Bangun Kecamatan Routa Dengan Konsep Kota Mandir

568

KONAWE, mediakendari.com – Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe nomor urut 3, Harmin Ramba – Dessy Indah Rachmat, berkomitmen membangun Kecamatan Routa dengan konsep Kota mandiri berbasis Smart city.

Hal ini diungkapkan Harmin Ramba saat melakukan kampanye dialogis di Kelurahan Routa, Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (8/10/2024).

Upaya itu, menjadi perhatian serius pasangan akronim HADIR bagi warga diwilayah pelosok dalam mewudkan visi dan misi “Konawe Maju Menuju Kota PADI”.

Komitmen menjadikan Routa sebagai Kota Mandiri berbasis Smart City ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, keberadaan perusahaan Sulawesi Cahaya Mineral (SCM) Kecamatan Routa kini menjadi penghasil PAD terbesar bagi Kabupaten Konawe.

“Wajar kalau Routa menjadi kota mandiri karena Routa adalah penghasil PAD terbesar kita. Makanya saya bilang Routa ini adalah masa depannya Konawe masa depan indonesia,” ujar Harmin

Karena itu, jika masyarakat memberikan amanah lima tahun kedepan, pertama yang akan dilakukan adalah memaksimalkan Dana Bagi Hasil (DBH) perusahaan SCM dan kawasan VDNI Park.

“Insyah Allah, jika kami berdua terpilih, niat kami memiliki konsep bagaimana membangun kecamatan routa menjadi kota mandiri berbasis SmarCity,”ucapnya.

Dikatakan, berdasarkan hitungan DBH SCM dan VDNI Park sebesar 167 Miliyar. Itupun pencatatan ekspor inpor nikel tidak melalui Konawe, melainkan melalui jalur Morowali dan Konawe Utara.

“Nah, inilah yang akan kami gunakan untuk mengaspal ruas-ruas jalan penghubung sekaligus menata kecamatan routa menjadi kondiri (smart city),” pungkasnya.

Laporan : Redaksi

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version