BAUBAUNEWS

Haroana Baubau 2023 Bakal Dimeriah dengan Karnaval Budaya

2766
×

Haroana Baubau 2023 Bakal Dimeriah dengan Karnaval Budaya

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Perayaan hari jadi Baubau ke-482 atau hari ulang tahun (HUT) ke-22 sebagai daerah otonomi di tahun 2023 ini bakal dimeriahkan dengan karnaval budaya yang akan diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) maupun paguyuban di daerah itu.

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini masih menyebut perayaan HUT Kota dengan nama haroana Baubau.

“Kita akan mengadopsi beberapa kegiatan karnaval yang pernah diikuti oleh Pemkot Baubau di luar daerah mulai jumlah peserta minimal 50 orang per paguyuban atau per OPD. Disamping itu, semua peserta karnaval akan menyiapkan icon katakanlah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maka iconnya adalah Merdeka Belajar,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muhammad Rasman Manafi melalui Sekretaris Dinas (Sekdin) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, Bariun dalam keterangannya ditulis Rabu, 11 Oktober 2023.

Bariun meyebut, sesuai hasi rapat bersama Pj Wali Kota, karnaval budaya dimaksud bakal digelar pada Sabtu, 14 Oktober 2023 ini. Untuk lokasi karnavalnya dimulai dari lembah hijau dan berakhir di Pantai kamali dengan jalur dari lembah hijau lurus ke SMA 1 Baubau, perempatan sukses belok kiri menuju Bank BNI kemudian belok kanan mengikuti jalur yang ditentukan sampai Pantai kamali.

“Diantara peserta ini ada kegiatan diisi dengan marching band SD dan SMP yang kebetulan menjadi kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau sehingga tidak sulit untuk menyiapkan dan sekolah-sekolah pun sudah siap mengikuti karnaval,” ungkapnya.

Bariun menjelaskan untuk pakaian yang dikenakan selama mengikuti karnaval pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada para peserta nantinya. Ia mencontohkan bila orang Buton akan memakai pakaian Buton. Begitu pula yang lainnya sehingga nampak kebhinekaan di daerah eks pusat Kesultanan Buton ini.

‘Dalam panduan yang ditulis akan dibuatkan flyer sehingga bila di lempat ke media media sosial akan lebih menarik ditambah lagi dengan surat yang dikirimkan kepada OPD, seluruh sekolah, kecamatan dan kelurahan, paguyuban,” katanya.

Bariun menambahkan pihaknya mengajak semua pihak untuk meramaikan Haroana Baubau, menghidupkan UMKM sebab pasti ada dampak ekonomi dari kegiatan ini. “Untuk semua peserta agar tetap menjaga keamanan, ketertiban selama perjalanan dari star sampai finish,” ujarnya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page