INDONESIAPemerintahanPROV SULTRASULTRA

Inflasi November di Sultra Menurun, Pj Gubernur : Berkah di Hari Jumat

877
×

Inflasi November di Sultra Menurun, Pj Gubernur : Berkah di Hari Jumat

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto merasa lega setelah Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra mengeluarkan rilis terbaru soal inflasi di Sultra, Jum’at 01 Desember 2023

BPS Sultra mencatat inflasi per November 2023 menurun diangka 2,87% dibanding Oktober lalu diangka 3,14%. Menyikapi hal itu, Andap menyebutnya sebagai berkah di hari Jum’at.

“Alhamdulillah, laju inflasi di Provinsi Sultra terus mengalami tren penurunan sejak September 2023 lalu, dimana persentasenya saat itu 3,46 persen, lalu turun menjadi 3,14, dan terakhir 2,87 persen pada bulan November. Ini menjadi kabar baik bagi kita seluruh masyarakat Sultra di hari Jumat yang penuh berkah ini,” ujar andap.

Andap mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran Pemerintah Daerah se-Sulawesi Tenggara dan stakeholder terkait karena telah berhasil menekan laju inflasi.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras dan juga sinergisitas positif sehingga laju inflasi dapat ditekan. Ke depan, mari kita terus lakukan langkah – langkah yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Anoa tercinta ini,” pungkasnya.

Secara khusus, Andap juga menginstruksikan kepada para Bupati/Wali Kota dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus lakukan langkah-langkah konkret dalam menekan laju inflasi dan memastikan stok terpenuhi serta harga bahan pangan terjangkau menjelang peringatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

“Kepada Saudara Bupati/Walikota dan Kepala Perangkat Daerah, agar lakukanlah Gerakan Pangan Murah, Operasi Pasar, dan juga intens memantau harga pasar. Pastikan stok tercukupi dan juga harga bahan pangan terjangkau menjelang peringatan Nataru, pastikan stabilitas harga yang baik. Apabila ada yang bermain-main mengenai ini, Saya akan ambil langkah-langkah tegas sesuai prosedur dan ketentuan hukum,” tegas Andap.

Dalam Berita Resmi Statistik dijelakan bahwa terdapat 5 (lima) komoditas penyumbang utama inflasi di Provinsi Sulawesi Tenggara yakni beras, angkutan udara, rokok kretek filter, mobil dan cabai rawit. (Red)

You cannot copy content of this page