oleh

Januari 2019, 35 Kades Terpilih Dilantik

Laporan : Jaspin

Editor : Indi

TIRAWUTA- Sebanyak 35 Kepala Desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2 Desember 2018 lalu, rencananya akan dilantik pada 7 Januari 2019 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Koltim, Tony Herbiansyah kepada awak media saat ditemui di Kantor Inspektorat, Jumat (28/12).

“Insha Allah, kan sudah tidak ada masalah. Jadi kita rencanakan pelantikan tanggal tujuh Januari 2019 mendatang. Lebih cepat lebih baik,” ungkapnya.

Sambung dia, lebih cepat lebih baik artinya sangat berkaitan dengan pengelolaan Dana Desa (DD). Jika pelantikan ditunda terlalu lama, Tony mempertanyakan siapa yang akan bertanggung jawab terhadap dana desa.

Sehingga, tujuh januari mendatang dianggap baik karena merupakan awal tahun, sehingga pertanggung jawabannya bisa dilaksanakan sepenuhnya.

Olehnya itu, selaku Kepala Daerah Kabupaten Koltim, Tony Herbiansyah berpesan kepada kades terpilih setelah dilantik nantinya tidak boleh seenaknya mengganti aparat desa. Mengingat semua itu memiliki ketentuan yakni, enam bulan setelah dilantik tidak boleh ada penggantian.

Kedua, tidak boleh seenaknya mengganti aparat desa yang sudah terlatih, kalau diganti lagi maka orang baru tersebut akan mulai belajar dari nol, dalam pengelolaan dana desa tidak semudah membalikan telapak tangan.

Ketiga, harus bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat. Pilkades merupakan hasil pilihan masyarakat jadi kades harus kembali mengabdikan dirinya ke masyarakat dengan ikhlas dan tulus sehingga hal-hal yang telah mereka janjikan betul-betul bisa terealisasi.

“Kades terpilih juga nantinya harus merangkul semua pihak, baik itu lawan politiknya maupun pendukungnya mengingat statusnya kades bukan lagi calon kades,” tegasnya.

Ditemui di tempat berbeda, Kepala Dinas (Kadis) DPMD Kabupaten Koltim, Hanaruddin menyampaikan, pihaknya sudah menjadwalkan pada 7 Januari 2019 mendatang.

“Tapi kembali lagi kesiapan beliau dalam hal ini Bapak Bupati, jangan sampai kita sudah siap beliau lagi yang tidak ada ditempat,” katanya.

Dia menyatakan, tanggal dua Januari 2019 mendatang akan mengundang semua kades terpilih untuk mengadakan pertemuan terkait persiapan pelantikan pada tanggal 7 Januari 2019. Pertemuan tersebut akan dilaksanakan di lantai tiga Kantor Bupati Lalingato.

Adapun nama-nama kades terpilih diantaranya, Kecamatan Tirawuta, Yusuf D, BA di Desa Lalingato, Ekisman di Desa Tawainalu, Aryanto Ardjun di Desa Poni-poniki, Artis Abbas di Desa Orawa, I Made Winada STp di Desa Tasahea. Kecamatan Ladongi, I Nyoman Yasa di Putemata dan Lapati Bacci di Desa Wungguloko. Kecamatan Dangia, H Kamaruddin di Desa Dangia dan Sutrisno Handoko di Desa Gunung Jaya.

Kecamatan Poli-polia, Nyoman Suwersa di Desa Wia-wia, Sahabuddin di Desa Pole Maju Jaya, Usman Batjo di Desa Pangipangi dan Kisman S di Desa Tokai. Kecamatan Aere, M Ukkas di Desa Iwoimenggura, Sulaeman di Desa Aladadio, Suplin Weturunga di Desa Watowoha, M Yusuf Rahim di Desa Aere.

Kecamatan Lambandia, Wahyudin di Desa Penanggosi, Akbar Sabiruddin di Desa Bou dan Asis di Desa Mokupa. Kecamatan Tinondo, Altin di Desa Lamunde, Ambo Sakka di Tawarombadaka, A Hasanuddin di Desa Ameroro, Muh Arsyad di Desa Solewatu, Saidin Baranggali di Desa Ambapa.

Kecamatan Lalolae, H Muh Yunus di Desa Lalosingi. Kecamatan Mowewe, Abdul Muis di Desa Nelombu, Ika Ayu Lestari, Amd keb di Desa Ulu Mowewe, Alimuddin di Desa Puuosu, Mugni di Desa Watupute. Kecamatan Uluiwoi, Masdin di Desa Pehanggo, Aras di Desa Tondowatu, Muliadi di Desa Undolo. Kecamatan Ueesi, Mursalim Armin Babe di Desa Porabua dan Guntur di Desa Liku Walanapo. (A)

Terkini