oleh

Jelang Pemilu 2019, Pemda Konsel Gelar Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih pemula, di Aula Rujab Bupati, Senin (1/4/2019).

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si di dampingi Kapolres, AKBP Dedi Adriyanto, dan Ketua Bawaslu, Hasni, S.Pi.

Turut di hadiri Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, S.Sos.,M.Si, dan Perwakilan dari Kajari, Kasi Pidum, Marwan, SH, dengan peserta berasal dari Siswa/i SMA dan masyarakat umum se-Konsel.

Sekda, Sjarif Sajang mengatakan, dalam rangka menyambut Pemilu Serentak yang akan di gelar dalam waktu dekat, tepatnya pada 17 April 2019, kita akan melaksanakan pesta demokrasi Pilpres dan Pileg secara serentak.

Baca Juga :

Olehnya itu, kata Sjarif, demi menyongsong pesta politik tahun ini, saya ajak para pimpinan parpol untuk memberikan dukungan pelaksanaan pesta tersebut sesuai dengan identifikasi fungsi dan peran parpol dalam bermasyarakat sesuai UU No 2 Tahun 2011 sebagai salah satu pilar demokrasi Pancasila.

“Dengan berupaya membangun kesadaran politik, untuk membuat masyarakat mengetahui hak dan kewajiban politiknya sebagai warga negara, yang memang bukan hanya domain parpol tapi juga kewajiban Pemda dengan mengandeng semua pihak,” ujar Sjarif.

Lanjut Syarif, menjelaskan hari ini melalui Badan Kesbangpol, Pemda menggelar sosialisasi untuk memberikan pemahaman politik kepada masyarakat, khususnya kepada pemilih pemula, sehingga mereka dapat lebih mengerti, termasuk juga melalui kegiatan ini dapat menemukan inovasi dan kolaborasi untuk menjawab persoalan politik.

Dengan harapan ormas dan organisasi kepemudaan dapat berkontribusi, sehingga kesadaran politik masyarakat Konsel semakin baik dari waktu ke waktu dan tercipta kondisi politik yang harmonis, sehingga pelaksanaan roda pemerintahan berjalan secara terpadu dan terencana menuju terwujudnya Konsel yang masyarakatnya madani, mandiri dan sejahtera.

“Kita wujudkan Pemilu yang harmonis, aman dan kondusif demi terciptanya konsel yang mandiri dan sejahtera,” tutupnya. (A)


Terkini