BAUBAUFEATURED

Kantor Disdukcapil Baubau Tidak Punya Toilet Umum

453
×

Kantor Disdukcapil Baubau Tidak Punya Toilet Umum

Sebarkan artikel ini

BAUBAU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengundang rasa prihatin. Pasalnya, kantor tempat di mana banyak sekali berlangsung pelayanan publik tersebut tidak menyediakan fasilitas toilet umum.

Salah satu staf Disdukcapil yang enggan disebutkan namanya mengatakan, toilet luar yang berada di samping ruangan Kepala Disdukcapil itu tidak diperuntukkan bagi masyarakat umum. Toilet itu cuma bisa dipakai oleh pegawai Dinas tersebut.

“Toilet yang tersedia di kantor ini hanya untuk dipakai pegawai. Kalau, warga yang melakukan pengurusan itu buang air kecil ke kantor instansi lain, di sebelah,” ucap staf itu, Kamis (19/4/2018).

Hal senada dialami oleh seorang wartawan Media Lokal yang hendak buang air kecil di kantor Dinas tersebut. Si wartawan bahkan sempat bertanya kepada staf terkait toilet yang berada di samping ruangan Kadis itu.

BACA JUGA: Soal KIA, Kemendagri Apresiasi Disdukcapil Baubau

“Toilet itu terkunci yaa? Kalau terkunci siapa yang pegang kuncinya?,” tanya pewarta tersebut.

Dikatakan, si staf pegawai di kantor tersebut menjawab kunci toilet dimaksud dipegang oleh pegawai lain yang saat itu tidak berada di tempat. Staf itu juga tidak mengetahui keberadaan pemegang kunci toilet.

“Bukan saya yang pegang kuncinya tetapi pegawai lain. Saya juga tidak tahu dimana keberadaan yang pegang kunci itu,” tandasnya.

Di sisi lain, salah satu warga yang singgah berteduh di kantor Disdukcapil, Yusman merasa ingin buang air kecil. Namun, ia kaget dan mempertanyakan institusi pelayanan publik tersebut karena tidak menyediakan toilet umum.

“Saya tadi kebelet ingin buang air kecil. Saat hendak mencari toilet di kantor Disdukcapil ternyata tidak ada toilet yang bisa dipakai buat warga. Kok bisa begini, terus masyarakat yang melakukan pengurusan di kantor ini saat merasa ingin buang air kecil, masa mereka harus ke Instansi sebelah yang jaraknya cukup jauh,” pungkasnya.


Reporter: Ardilan
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page