BAUBAUKONAWE

Kembangkan Pariwisata, Dispar Baubau Gelar Festival Perairan

673
×

Kembangkan Pariwisata, Dispar Baubau Gelar Festival Perairan

Sebarkan artikel ini
Festival perairan di dermaga Lakologou Kota Baubau

BAUBAU, Mediakendari.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Festival Perairan di dermaga Lakologou Kamis, 26 Oktober 2023. Festival tersebut diharapkan dapat mengembangkan pariwisata di daerah itu.

“Kegiatan ini menjadi titik awal bangkitnya sektor pariwisata di Kota Baubau sekaligus stimulan bergeraknya ekonomi di Kota Baubau pasca covid-19,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muhammad Rasman Manafi diwakili Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, La Ode Aswad.

Ia berharap pelaksanaan festival perairan ini terus ditingkatkan sehingga kualitasnya meningkat dan benar-benar menjadi daya tarik wisata khususnya di kawasan kepulauan Buton ini. “Tentu kami sebagai pemerintah memberikan apresiasi kepada pelaksana kegiatan ini khususnya dinas Pariwisata Kota Baubau bersama jajarannya dan bersama Pokdarwis atas terselenggaranya acara ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan dalam menghadapi kondisi saat ini, Kota Baubau yang sedang inflasi sehingga salah satu juga bentuk intervensi Pemkot Baubau dalam rangka membuka ruang-ruang UMKM, ruang ekonomi dan pelaku pasar.

“Momentum juga ini menjadi sarana menggali potensi wisata yang bisa dikembangkan, tentunya Pemkot Baubau tidak bisa melakukannya sendiri. Oleh sebab itu, momen ini menjadi awal untuk melibatkan sanggar, melibatkan komunitas-komunitas dan pecinta wisata,” ungkap Asisten I Setda Kota Baubau itu.

Kepala Dispar Baubau, Idrus Taufiq Saidi menambahkan pihaknya berharap festival perairan memberikan ruang geliat perekonomian di masyarakat.

“Kegiatan ini kolaborasi semua elemen masyarakat untuk mengangkat potensi pariwisata ekonomi kreatif yang akan berlangsung empat hari mulai 26 sampai 29 oktober 2023,” katanya.

Festival perairan diawali dengan penanamaan pohon oleh Forkompinda dan pimpinan OPD lingkup Pemkot Baubau di seputaran bypass Waruruma.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page