NEWS

Kepala BPSDM Sultra Terima Sertifikat Akreditasi Lembaga dan Program Pelatihan Aparatur dari LAN RI

335
×

Kepala BPSDM Sultra Terima Sertifikat Akreditasi Lembaga dan Program Pelatihan Aparatur dari LAN RI

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Prov Sultra, Syahruddin Nurdin, SE menerima langsung sertifikat akreditasi yang diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Dr. Adi Suryanto., M. Si .

Syahruddin Nurdin  mendapat predikat bergengsi bagi lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan ASN di Aula Prof. Agus Dwiyanto, Jakarta Pusat Kantor LAN, (Selasa, 07 November 2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Badan Diklat Pemeriksa Keuangan Negara Badan Pemeriksaan Keuangan, Kepala BPSDM Kemendagri, Kepala Pusdiklat Kepemimpinan dan Manajerial, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan, Kepala Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kepala Pusat Pembinaan dan Pendidikan dan Pelatihan SDM Aparatur Kementerian Perindustrian dan Kepala Pusdiklat Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan dari Ciloto, Jakarta, Makassar dan Pejabat terkait .

Hadir juga diantaranya jajaran Pemprov. dari Kepala BPSDM Prov. Sumatera Barat, BPSDM Prov. Kepulauan Riau, Kepala BKPSDM Prov. Kepulauan Bangka Belitung, Kepala BPSDM Prov. Bengkulu, Kepala BPSDM Prov. Jawa Barat, Kepala BPSDM Prov. Jawa Tengah, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala BPSDM Prov. Sultra, Kepala BPSDM Prov. Maluku, Kepala BPSDM Maluku Utara, Kepala BKPSDM Kab. Karawang, Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang dan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Papua Kementerian Agama
Dalam kegiatan tersebut mendapatkan mendapat 2 (Dua) predikat akreditasi, yaitu Akreditasi Lembaga Pelatihan dan Akreditasi Program Pelatihan, sehingga dua akreditasi tersebut merupakan predikat yang dinantikan oleh BPSDM sebagai syarat untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi ASN di daerah.


Syafruddin Nurdin, mengatakan pada akhirnya akreditasi tersebut didapatkan dengan nilai yang lebih baik dari akreditasi tahun-tahun sebelumnya, serta termasuk Pemda yang mendapat poin tertinggi, sehingga layak mendapatkan bintang 1 (satu) untuk kategori akreditasi lembaga pelatihan ASN, yang berlaku untuk 5 tahun dan predikat terakreditasi A bagi salah satu program pelatihan yaitu Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) berlaku 5 tahun, sedangkan program pelatihan dasar CPNS mendapatkan akreditasi B berlaku 3 tahun.

“Selanjutnya, dibutuhkan komitmen dan konsistensi bagi Pemda Prov Sultra untuk menjaga keberlanjutan predikat tersebut, tentunya selain dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur dengan baik dalam peningkatan kapasitas ASN dan pelayanan publik ,” ujarnya.

Syafruddin menambahkan untuk itu, diperlukan motivasi dan dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan bagi keberlanjutan peningkatan kualitas sumber daya aparatur Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sultra.
Sertifikat akreditasi lembaga dan program pelatihan tersebut secara keseluruhan untuk tahun 2023 ini, diberikan hanya bagi 27 lembaga pelatihan lingkup Kementerian/Non Kementerian dan Pemerintah Daerah.

“Dimana saat ini BPSDM Prov. Sultra adalah lembaga penyelenggara program pelatihan yang mendapat akreditasi A, hal ini membuat Sultra, sudah sejajar dengan Provinsi lain seperti Jawa Barat dan Jawa Timur, Kementerian Luar Negeri dan BPK RI dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi aparatur,” tutupnya (red)

You cannot copy content of this page