BAUBAU

KPU Baubau Sebut Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024 Meningkat

400
×

KPU Baubau Sebut Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024 Meningkat

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut partisipasi pemilih di pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu meningkat dibanding Pemilu 2019 lalu.

“Kami anggap pemilu tahun ini lebih berhasil, lebih meningkat dibanding pemilu 2019 lalu. Partisipasi pemilih ada 81,14 persen untuk di Kota Baubau,” ucap Ketua KPU Baubau, La Ode Supardi dalam keterangannya ditulis Kamis, 07 Maret 2024.

Supardi mengatakan di pemilu 2019 lalu, partisipasi pemilih berada dipresentase 73,87% saja atau meningkat sekitar kurang lebih 8%. Ia mengakui terdapat sejumlah hal yang menyebabkan meningkatnya partisipasi pemilih.

“Faktornya itu meningkatnya kesadaran masyarakat atas hak dan kewajiban mereka dalam penyelenggaraan pemilu, kemudian masyarakat juga sudah dewasa dalam menyikapi persoalan politik, sosialisasi penyelenggara, sosialisasi yang masif dari partai politik dan pemberitaan dari media,” ungkapnya.

Ditanya soal kurang lebih 19% pemilih di daerah eks pusat Kesultanan Buton yang tidak menyalurkan hak suaranya, Supardi belum bisa memastikan penyebabnya.

“Kalau itu, saya belum menganalisanya. Mungkin tidak hadir atau pada saat hari H mereka berangkat,” ujarnya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page