BREAKING NEWSKendari

KPU Sebut, Media Punya Peran Penting untuk Sukseskan Pemilu tahun 2024

626
×

KPU Sebut, Media Punya Peran Penting untuk Sukseskan Pemilu tahun 2024

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (sultra) menggelar Diskusi Publik dengan tema “Optimalisasi Peran Media Dalam Mendukung Penyebarluasan Informasi Kepemiluan Tahun 2024, bertempat di salah satu warkop di kota Kendari, Senin 25 Desember 2023.

Ketua KPU Sultra, Asril mengatakan diskusi seperti ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang.

“Kami menyadari, media punya peran penting dalam pemilu. Dukungan media terhadap sosialisasi, dan edukasi tahapan pemilu memberi nilai positif dalam peningkatan partisipasi Masyarakat. Dimana personil kami baik yang di tingkat provinsi sampai pada tingkat KPPS nanti tidak akan sampai di seluruh penduduk yang ada di Sulawesi tenggara maka dari itu kami sangat mengharapkan kerja sama media untuk membantu menyebarluaskan apa yang kami sampaikan,” katanya.

Pada forum diskusi tersebut, Ia menyampaikan Pekerjaan KPU yang telah dilaksanakan yakni mulai dari proses pendaftaran, pemutakhiran, sampai dengan penetapan calon. Sekarang memasuki tahapan persiapan logistik untuk penyelenggaraan pemungutan suara di TPS dan proses persiapan SDM untuk KPPS itu sendiri yang dimana sekarang sudah masuk di tahap sertifikasi administrasi dari masing-masing peserta dan Beberapa hari yang lalu juga sudah dilakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS yang di lakukan serentak di 17 kabupaten kota.

“Kami (KPU) punya tugas Besar, selain melaksanakan tahapan, bagaimana cara kami juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya.

Secara nasional KPU berhasil memperoleh 77,5 persen partisipasi pemilih. Capaian tersebut membuat KPU kembali Menaikkan besaran partisipasi pemilih di pemilu 2024 mendatang, menjadi 79,5 persen.

Target peningkatan partisipasi pemilih itu, menjadi sebuah tantangan besar bagi KPU, khususnya KPU Sultra. Apalagi, dalam mempertahankan capaian tahun 2019, yang melampaui target nasional, sehingga dalam mendukung upaya peningkatan partisipasi pemilih, ia menyebut media massa memiliki peran penting. Melalui penyebarluasan informasi mengenai tahapan dan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ia berharap media massa baik media online maupun media cetak bisa menyambungkan dan meneruskan informasi terhadap Kegiatan yang akan laksanakan di tahun 2024 serta dapat berkolaborasi bersama KPU dengan membantu penyelenggaraan, menyajikan berita edukatif dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Reporter :  Astuti

You cannot copy content of this page