oleh

Kunjungi Warga Korban Bencana, Kery Saiful Konggoasa: Kami Siapkan Kebijakan Jangka Pendek dan Panjang

-ADV, NEWS-260 dibaca

Redaksi

KENDARI – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyambangi warga di dua kelurahan yang terdampak bencana angin puting beliung, Selasa 6 April 2021.

Dua kelurahan yang dikunjungi yakni di Kelurahan Pusinauwi dan Hopa-Hopa Kecamatan Wawotobi. Dalam kunjungan ini bupati melihat kondisi infrastruktur yang rusak.

Di dua wilayah tersebut sendiri, bencana yang melanda pada Senin 5 April 2021 lalu itu merusak sejumlah fasilitas umum seperti masjid, kantor dan rumah warga.

Kepada warga korban bencana tersebut, Bupati Kery Saiful Konggoasa yang didampingi jajaran Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok.

Kery juga menyampaikan rasa empatinya kepada seluruh korban bencana tersebut. Ia meminta warga agar dapat bersabar dan ikhlas menghadapi ujian hidup tersebut.

Dikatakannya Bupati Konawe dua periode ini, tidak seorangpun yang dapat memprediksi dan menghalangi datang ya musibah, diantaranya bencana angin puting beliung.

Menurutnya, penangannya pasca bencana merupakan tanggung jawab pemerintah untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat yang menjadi korban musibah.

“Insyallah kami akan memberikan motivasi dan menyalurkan bantuan dan memikirkan atas kebijakan apa yang bisa kami tempuh supaya musibah seperti ini bisa kita tangani ,” tuturnya.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini menjelaskan, Pemda menyiapkan kebijakan jangka panjang dan pendek dalam menyikapi kondis bencana.

Untuk kebijakan jangka pendek beeupa penyaluran bantuan sementara, seperti bantuan bahan pangan yang dibutuhkan korban. Sementara untuk jangka panjang, yang bersifat permanen.

“Insyallah ,tetap akan kami fikiran supaya kita bisa membantu membangun kembali rumah korban yang rusak akibat diterjang angin kencang itu,” terangnya.

Dikesempatan tersebut, politisi senior PAN ini juga mengucapkan terimakasih kepada lurah serta jajaran TNI Polri yang bersinergi dalam penanganan bencana di dua wilayah tersebut.

“Terima kasih lurah, TNI-Polri karena telah bersinergi untuk mendata korban sehingga Pemda bisa mengidentifikasi lokasi dan jumlah di lapangan ,” katanya.

Ia mengimbau warga untuk tetap waspada munculnya musibah berkaitan dengan masih terjadinya cuaca ekstrim selama beberapa bulan mendatang.

“Angin kencang yang menerjang pemukiman ini mengakibatkan rumah rusak. Sehingga saya imbau mereka supaya tetap waspada dalam kondisi cuaca seperti ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Konawe, Agus Suyono, mengatakan, penyaluran bantuan dilakukan melalui pemerintah kelurahan dan desa.

Menurutnya, pihaknya terus berkordinasi dengan BPBD dalam melakukan asesmen di lapangan. Karena bantuan disiapkan dan akan disalurkan berdasarkan asesmen di lapangan .

“Saat ini baru 17 rumah yang kita siapkan bantuan. Bantuannya berupa paket sembako terdiri dari beras 10 kg, telur, gula susu, ikan kaleng, mie instan,” pungkasnya. /ADV

Terkini