BREAKING NEWSKONAWE

Kunker ke Konawe, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro

384
×

Kunker ke Konawe, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Presiden Jokowi melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa, 14 Mei 2024.

Orang nomor satu di Indonesia itu, diagendakan untuk melakukan peresmian bendungan Ameroro yang terletak di Desa Tamesandi, Kecamatan Uepai.

Peresmiannya pun ditandai dengan bunyi sirine yang ditekan langsung oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Diketahui, jika bendungan Ameroro merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pengerjaannya dimulai pada Desember 2020 lalu dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,6 Triliun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Bendungan tersebut dituntaskan melalui kerja sama operasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., (Adhi Karya) (KSO HK-Adhi.

Perinciannya yakni porsi Hutama Karya sebesar 65% dan Adhi 35%, dengan total luas garapan lahan mencapai 578,78 hektar dengan kapasitas tampung 98 juta m3 dan luas genangan 380 hektar.

Dengan adanya bendungan Ameroro, diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. Potensi lain juga mampu menambah layanan daerah irigasi seluas 3.363 hektar, yang mana sebelumnya hanya sebesar 1.903 hektar.

Di samping itu, bendungan ini juga berperan sebagai pemenuhan air baku sebesar 511 liter per detik yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) sebesar 1,3 megawatt sebagai pengendali banjir di Kota Padi sebesar 443 m3 per detik dan potensi menjadi objek wisata bagi masyarakat sekitar. (MK)

You cannot copy content of this page