oleh

Lagi, Rumah di Baubau Hangus Terbakar

BAUBAU – Musibah kebakaran kembali terjadi di jalan Sultan La Buke, kelurahan Melai, Kota Baubau, Selasa 28 Agustus 2018.

Jika sebelumnya 16 rumah yang terbakar, kini dua rumah yang hangus dilahap si ‘jago merah’ di wilayah pusat eks kesultanan Buton.

Penyebabnya belum diketahui pasti. Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Salah satu warga, Wa Aide mengatakan, rumah yang terbakar itu dalam keadaan kosong, ditinggal pergi pemiliknya keluar daerah Baubau.

“Tiba-tiba api sudah menyala dan membakar bagian dalam rumah. Saya kaget dan panik karena rumah kami jaraknya begitu dekat,” ungkapnya.

Amatan Mediakendari.com, beruntung rumah-rumah disekitar tempat kejadian tidak ikut terbakar. Warga bahu-membahu membantu mencegah penyebaran api agar tak membakar rumah-rumah lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh wartawan, rumah terbakar itu diketahui milik La Ausi.

Diketahui, pada malam hari rumah La Ausi itu ditinggali oleh pasangan suami-istri, La Inu (59) dan Wa Hamsa (50).

Dikatakan, La Inu pergi meninggalkan rumah sekitar pukul 04.30 dinihari untuk melakukan aktifitas sehari-harinya sebagai pedagang disalah satu pasar di Baubau.

Ditempat sama, Kabid Pemadam Kebakaran, Joni Karno menuturkan, pihaknya tidak kesulitan saat memadamkan kobaran api. Dikarenakan banyak masyarakat yang ikut membantu.

“Cuma api merembet cepat karena bahan rumah terbuat dari kayu,” jelasnya.(a)


Reporter : Ardilan