NEWS

Lapas Kendari Kelebihan Kapasitas, Napi Didominansi Kasus Narkoba

580
×

Lapas Kendari Kelebihan Kapasitas, Napi Didominansi Kasus Narkoba

Sebarkan artikel ini
Lapas Kelas II A Kendari

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Lapas Kelas II A Kota Kendari saat ini mengalami kelebihan kapasitas dari ideal kamar yang tersedia hingga di tahun 2023.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kendari, Antonio Barus usai menggelar kegiatan rehabilitasi narapida narkotika pada Selasa (31/01/2023) menyebut, untuk kapasitas tahanan berjumlah 350 orang sedangkan untuk sampai saat ini narapida sebanyak 850 orang.

“Kapasitasnya itu 350 orang, dan huniannya sekarang itu sekitar 850 lebih hampir mencapai 200%,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut, Antonio menyebutkan yang terbanyak adalah kasus narkoba yang mencapai hingga 60% lebih dan untuk sisanya terkait kasus kriminal umum, seperti pencurian, penganiayaan, pemerkosaan dan lainnya.

Perbandingannya dengan tahun kemarin, ia mengungkapkan jumlah tahanan ini terus mengalami peningkatan disetiap tahunnya dengan kasus narkoba yang masih terbanyak.

“Jadi kasus narkoba masih mendominasi hunian-hunian di Lapas sampai saat ini,” katanya.

Namun meski demikian Lapas Kelas II A Kendari bakal selalu siap membina narapina yang masuk dengan menggelar berbagai kegiatan positif.

Hal itu bertujuan untuk dapat membentuk karakter narapida berubah menjadi yang lebih baik dan tidak mengulangi kembali pelanggaran hukum.

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page