oleh

Maju di Bursa Ketua Golkar Sultra, Ini Visi Misi Rusmin Abdul Gani

Reporter: Taswin Tahang

KENDARI – Musyawarah Daerah (Musda) X Partai Golongan Karya (Golkar) bakal digelar Kamis 11 Maret 2020 di Kota Kendari. Dari sejumlah nama yang ikut mendaftar calon ketua, ada nama Rusmin Abdul Gani

Rusmin Abdul Gani telah memantapkan langkahnya untuk bertarung di Musda X Golkar setelah menyerahkan berkas persyaraatan bakal calon ketua beserta visi dan misi, Senin 2 Maret 2020.

Kata dia, visi Partai Golkar adalah berjuang demi terwujudnya Indonesia baru yang maju, modern, bersatu, damai, adil dan makmur dengan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

Kemudian, berahlak baik, menjunjung tinggi hak asasi manusia, cinta tanah air, demokratis, dan adil dalam tatanan masyarakat madani yang mandiri, terbuka.

Kehadiran Rusmin sebagai Smart Milenials (Generasi Milenial) untuk membawa Partai Golkar Sultra yang lebih unggul dengan
memanfaatkan teknologi modern.

“Partai GOLKAR dengan konteks kekinian secara lebih kongkrit dan tentu saja bukan untuk merubah cara pandang ataupun tatanan serta tradisi Partai Golkar yang telah mengakar dengan sangat kuat,” ungkapnya.

Rusmin Abdul Gani mengusung enam visi misi yakni, mengembangkan sistim teknologi informasi yang mudah dan sederhana, untuk memastikan terpenuhinya komitmen Partai Golkar dalam menyerap, memadukan,
mengartikulasikan dan memperjuangkan aspirasi serta kepentingan rakyat.

Sehingga menjadi kebijakan politik yang bersifat publik. Hal ini juga menjadi proses pendidikan dan komunikasi politik yang dialogis dan partisipatif antara Partai GOLKAR dengan Konstituennya.

“Partai akan menjadi lebih membuka diri terhadap berbagai pikiran, aspirasi dan kritik dari masyarakat,” tuturnya.

Kemudian, mendorong terciptanya pola hubungan sosial yang lebih harmonis dan dilandasi oleh semangat persamaan manusia. Golkar harus menjadi motor dalam menciptakan kerukunan antar masyarakat, dengan menjadi solusi atas potensi konflik yang dilandasi atas dasar RAS.

“RAG berkomitmen untuk menjadikan Partai GOLKAR Sulawesi Tenggara sebagai rumah yang nyaman bagi semua orang tanpa melihat golongan dan SARA,” katanya lagi.

Mendorong Pengembangan Kapasitas kader-kader dan memperjuangkan untuk dapat dipilih oleh rakyat menduduki posisi-posisi politik atau jabatan-jabatan publik.

Visi ketiga, mendorong pengembangan dan penguatan usaha kecil, menengah dan koperasi, sebagai pilar utama perekonomian Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, ada dua strategi utama mewujudkan hal itu, mendorong peningkatan kapasitas, pengetahuan, keterampilan, manajemen dan penguasaan teknologi informasi bagi pelaku usaha.

Serta memfasilitasi hubungan kerjasama yang sinergis antara pelaku usaha kecil, menengah dan koperasi dengan investor.

Berkaitan dengan hal tersebut, RAG berkomitmen mendorong Partai GOLKAR menjadi pelopor atas terbentuknya generasi milenial yang siap menghadapi era industri 4.0.

Keempat, rekrutmen kader secara reguler dan berkesinambungan. Masa depan Partai GOLKAR tergantung pada kualitas dan kuantitas kader. RAG memandang perlu dan bertanggungjawab memastikan masa depan partai yang lebih baik.

Partai Golkar Sultra dalam pimpinannya nanti, akan selalu memfasilitasi komunitas-komunitas yang ada di Sulawesi Tenggara agar tidak apatis terhadap dunia politik.

RAG jua akan membangun suasana politik yang menyenangkan dan penuh suka cita, sesuai kepentingan berbagai komunitas tersebut.

“Sehingga akan menggairahkan komunitas-komunitas milenial tersebut untuk tertarik memasuki dunia politik, sekaligus menegaskan eksistensi Partai GOLKAR sebagai Partai Milenial yang mengakomodir kepentingan mereka,” papar Direktur Ana Wonua Grup itu.

Terakhir, ia akan mendorong pengembangan kapasitas dan kualitas perempuan sebagai bentuk komitmen atas kesetaraan gender.

Dengan membudayanya sistim Patriarkhi selama ini, maka kaum perempuan harus diberikan perlakuan khusus (affirmative Action) dalam ruang politik.

Untuk itu RAG berkomitmen memposisikan perempuan bukan sekedar pelengkap dalam pemenuhan syarat undang-undang saja, tetapi turut bertanggungjawab menciptakan suasana keseimbangan politik antara laki-laki dan perempuan yang lebih bermartabat.

Untuk diketahui, Rabu sore 10 Maret 2020, RAG bakal mengembalikan berkas pencalonan untuk kemudian ditindaklanjuti panitia. (B)

Terkini