Kendari

Muh. Sulkifly Said: IP Suatu Daerah Dapat Dilihat Dari Pemanfaatan Teknologi

517
×

Muh. Sulkifly Said: IP Suatu Daerah Dapat Dilihat Dari Pemanfaatan Teknologi

Sebarkan artikel ini
Ketua Bidang Kerjasama STMIK dan Praktisi IT, Sulkifly Said dalam acara Bincang Kita. Foto.ist

Reporter: Dila Aidzin

KENDARI – Ketua Bidang Kerjasama Sekolah Tinggi Menejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Catur Sakti (SC) Kendari, Muh. Sulkifly Said, S.SI., M.Eng mengatakan indeks pembangunan (IP) suatu daerah dapat dilihat dari pemanfaatan teknologi.

Demikian dikatakan Sulkifly dalam acara “Bincang Kita” Program Mektv di Studio Mektv, Selasa, 28 September 2021.

“Semakin banyak masyarakat yang melek dengan pemanfaatan teknologi dapat dipastikan wilayah tersebut memiliki daya saing kuat,”jelasnya.

Baca Juga: BEM STMIK Kendari Tolak Bila Kuliah Online Lagi, Ini Alasannya

Oleh karena itu, terang praktisi informasi teknologi (IT) pentingnya literasi digital di jaman sekarang ini adalah bagaimana membangun kesadaran untuk memanfaatkan media yang ada untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Apalagi program literasi digital telah dicanangkan presdien.

“Saat ini kita berada pada era 4.0 dimana semua sudah berbasis digital jadi perluanya ada kesadaran yang dimunculkan di masyarakat terkait pentingnya pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Tapi program literasi digital harus diimbangi juga dengan pembangunan infrastruktur yang ada di suatu daerah. “Kita bisa lihat di wilayah-wilayah tertentu perlu kita perhatikan juga pembangunan infrastrukturnya. Infrastruktur jaringannya dan lain sebagainya. Ketika infrastruktur itu sudah memadai kita mulai masuk ke tahap edukasi bagaimana pemanfaatan teknologi itu sendiri,” tuturnya.

Lebih lanjut Sulkifly tapi sayangnya perkembangan teknologi sekarang ini dapat juga dimanfaatkan pelaku kriminal di dunia digital.

Baca Juga: STMIK Catur Sakti Kendari Gelar Vaksinasi Kerja Sama Polda Sultra

“Inilah peran serta kami sebagai seorang akademisi dan praktisi IT untuk mengedukasi masyarakat terkait bagaimana pemanfaatan teknoogi itu sendiri dan bagaimana agar masyarakat bisa terhindar dari kejahatan cyber crime,” ucapnya.

Sulkifly juga berharap agar kita semua terus belajar membaca kemudian mengimplementasikan hasil bacaan kita dan mengeksplor pengetahuan-pengetahuan baru sehingga dapat menunjang aktifitas sehari-hari.

You cannot copy content of this page