NEWS

Pelantikan dan Pengukuhan DPD HNSI Sultra Bakal Digelar di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari

1535
×

Pelantikan dan Pengukuhan DPD HNSI Sultra Bakal Digelar di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari

Sebarkan artikel ini
Suasana saat rapat pemantapan pelantikan dan pengusaha DPD HNSI Sultra 2023

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pembina Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Sulawesi Tenggara (DPD HNSI Sultra) bakal digelar di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari. Rencananya kegiatan ini akan digelar selama 3 hari mulai dari 25 sampai 27 Agustus 2023.

Dalam pelantikan nanti dikabarkan 17 kabupaten/kota Dewan Perwakilan Cabang (DPC) se-Sultra akan menghadiri kegiatan tersebut untuk mengikuti Musda, pelantikan dan pengukuhan.

Ketua DPD HNSI Sultra, Yusrianto, S.H., M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk untuk mempererat hubungan antara HNSI dengan para Nelayan. Sehingga bisa terciptanya kolaborasi yang nantinya dapat membantu nelayan khususnya di Sultra dalam mengembangkan hasil hasil Tangkap dan pengembangan hasil UMKM yang berkelanjutan.

“Tujuan kami yaitu agar DPD himpunan Nelayan ini bisa dekat dengan nelayan. Sebab di dalam Himpunan kami ini anggota berasal dari berbagai latar belakang profesi dan keilmuwan yang beragam, ada dari akademisi, politisi bahkan hingga pengusaha-pengusaha yang memiliki kapal ikan yang bergerak dalam bidang perikanan kelautan,” ujarnya, Kamis (20/7/2023).

Di dalam rangkaian kegiatan itu juga nantinya, kata dia DPD HNSI Sultra akan menggelar expo (pameran dan pasar murah) selama berlangsungnya kegiatan serta memberikan tampilan hiburan dari para nelayan, seperti budaya tari tarian lokal Nelayan agar masyarakat awam dapat mengetahui kebiasaan atau budaya seorang dalam melakukan penangkap ikan.

“Harapan kita semoga bisa kita menjalin hubungan mitra-mitra yang ada di seluruh wilayah Sultra ini mungkin bisa bergandengan tangan dengan wadah melakukan expo ini, bagaimana terlahir kerja sama antara para pengusaha-pengusaha nelayan ini dengan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Sekertaris Jendral DPD HNSI Sultra, Nakman, S.Pd menyampaikan, bahwa yang akan melantik dan mengukuhkan nantinya adalah Ketua Umum Dewan Pembina Pusat (DPP) HNSI, yakni Mayjen TNI Mar (Purn) Dr. H Yussuf Solichien M, MBA, Ph. D.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pa Ketum dan rencananya beliau nanti akan hadir untuk melantik dan mengukuhkan kegiatan inj,” ucapnya.

Olehnya itu, untuk saat ini dirinya mempersiapkan sematang mungkin agar kegiatan bisa berjalan meriah dan lancar sesuai rencana. Di mana dengan mempersiapkan dokumen-dokumen musyawarah daerah serta melakukan kesepakatan dengan pusat terkait kegiatan tersebut.

Di tempat yang sama, Bendara DPD HNSI Sultra, Eko Prasetyo, S.Kom., M.M menjelaskan, bahwa himpunan ini merupakan wadah bagi para nelayan di wilayah Sultra untuk melakukan kerjasama bersama perbankan agar dapat membantu kesejahteraan di bidang ekonomi nelayan dan asuransi yang mampu mengkafer jiwa dari Nelayan itu sendiri .

“Entah nelayan tangkap, nelayan budidaya, sampai nelayan laut, sehingga dengan adanya wadah seperti ini lah mereka bisa bersinergi dengan kita, berkolaborasi dengan kita, bisa diskusi apa yang dia butuhkan karena kita banyak melakukan MoU dengan perbankan,” imbuhnya.

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page