DaerahHEADLINE NEWSNEWS

Pemdes Wakoila Muna Barat Beri Pengobatan Gratis ke Warga

771
×

Pemdes Wakoila Muna Barat Beri Pengobatan Gratis ke Warga

Sebarkan artikel ini
Suasana pengobatan gratis bagi warga Desa Wakoila, Kecamatan Sawerigadi, Kamis 6 Februari 2020. Foto: Jul Awal/Mediakendari.com
Suasana pengobatan gratis bagi warga Desa Wakoila, Kecamatan Sawerigadi, Kamis 6 Februari 2020. Foto: Jul Awal/Mediakendari.com

Reporter: Jul Awal
Editor: La Ode Adnan Irham

LAWORO – Pemerintah Desa Wakoila, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), menggelar pengobatan gratis bagi warganya, 6 Februari 2020.

Kegiatan itu bertujuan meninjau dan mengontrol kesehatan masyarakatnya, desa menghadirkan dokter umum dan perawat dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kampobalano dan digelar di Puskesmas Pembantu (pustu) Desa Wakoila.

Pelaksana tugas (Plt) Kades Wakoila, Burhanuddin berharap kesehatan masyarakat secara menyeluruh dari lansia hingga anak-anak dapat terkontrol.

“Saya undang semua masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara gratis,” ungkap Burhanuddin di lokasi kegiatan.

Lanjutnya, pengobatan itu merupakan aktualisasi pengadaan alat kesehatan (alkes) dari dana desa (DD) 2019 lalu, juga merupakan program awal Pemdes Wakoila.

“Karena kesehatan itu yang utama, maka untuk itu kami adakan program pengobatan gratis ini,” tambahnya.

Dirinya berharap Kades terpilih yang dilantik dalam waktu dekat, bisa melanjutkan program tersebut.

“Ya saya kira ini kegiatan positif. Saya melihat masyarakat antusias mengikuti pengobatan gratis ini. Harapannya ini bisa berlanjut,” lanjut mantan guru ini.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kampobalano, La Ada, mengapresiasi kegiatan itu positif tersebut, yang patut diterapkan di setiap desa.

“Ini baru pertama dilakukan. Kalau perlu ini di setiap desa ada kegiatan pengobatan gratis. Ini juga bisa mengontrol kondisi kesehatan setiap warga,” ungkap La Ada kepada Mediakendari.com usai kegiatan.

Menanggapi kegiatan ini, Kades terpilih desa Wakoila, La Inda mengaku pengobatan gratis akan diadakan secara berkelanjutan nantinya. Apalagi animo masyarakat yang datang berobat sangat tinggi.

“Ini akan saya programkan setiap tahun, insya Allah. Karena ini juga kebutuhan masyarakat. Kesehatan itu yang paling utama,” ungkap La Inda.

Senada dengan itu, salah satu masyarakat La Muda mengapresiasi pengobatan gratis bagi masyarakat yang dicanangkan Plt Kades Burhanuddin.

“Ini kegiatan pertama di desa ini. Saya salut sama pak Kades, semoga bisa berlanjut terus ini,” kata tokoh adat ini.

Dari pantauan jurnalis mediakendari.com, warga lansia mendominasi pemeriksaan kesehatan gratis ini. Rata-rata mengeluhkan penyakit asam urat dan batuk serta flu berkepanjangan. (A)

You cannot copy content of this page