BAUBAU

Pemkot Baubau Keciprat DID Puluhan Miliar Tahap II

317
×

Pemkot Baubau Keciprat DID Puluhan Miliar Tahap II

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi
Ilustrasi, Sumber : Internet

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mendapat kucuran dana insetif daerah (DID) tambahan tahap II dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 14 miliar lebih. Anggaran puluhan miliar rupiah ini bakal dimanfaatkan untuk penanganan lebih lanjut terkait pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muhtar mengungkapkan daerah yang mendapat DID tambahan merupakan daerah yang dinilai oleh Pemerintah Pusat dinilai memiliki kinerja yang baik dalam penanganan virus Corona.

“Karena menunjukan kinerja terbaik makanya diberi reward berupa tambahan DID. Sama dengan kemarin (DID Sebelumnya), peruntukannya untuk penanganan Covid-19 pada tiga aspek. Pertama, untuk penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan pemberian ruang untuk jaringan pengaman sosial,” ucap Sekda Baubau, Roni Muhtar dikonfirmasi di gedung DPRD Kota Baubau, Rabu malam 2 September 2020.

Soal teknisi penggunaan DID tambahan tersebut, Jenderal PNS Kota Baubau ini mengaku pihaknya akan membahas lebih rinci bersama seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Baubau.

“Besok (Kamis, red) kita akan rapat. Tadi saya sudah perintahkan kepala Bappeda Kota Baubau untuk mengirim surat kepada seluruh OPD besok kita rapat. Tidak bisa diwakili, bosnya masing-masing yang harus langsung hadir,” tegasnya.

Ia menyebut, sebelumnya Pemkot Baubau juga telah menerima DID tahap I senilai Rp 13 miliar lebih. Untuk serapan anggaran tersebut, Roni berdalih sedang dalam proses.

“Jadi DID tahap pertama ini mau tidak mau masuk juga dalam APBD perubahan ini. Tapi eksekusinya sudah mulai disalurkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan keberhasilan Pemkot Baubau mendapat DID tambahan karena berhasil melakukan recofusing anggaran sesuai pedoman dari Pemerintah Pusat. Lalu, ia merasa Pemerintah Pusat menilai kinerja Gugus Covid-19 Kota Baubau dalam hal penanganan persebaran Covid-19 dianggap berhasil.

“Ketiga itu terkait ketepatan waktu pelaporan tentang Covid-19. Kita dinilai tepat waktu,” pungkas Ketua Kosgoro Sultra ini.

You cannot copy content of this page