BAUBAUNEWS

Pemkot Baubau Lakukan Gerakan Menanam Cabai di Pekarangan Warga untuk Tekan Inflasi

911
×

Pemkot Baubau Lakukan Gerakan Menanam Cabai di Pekarangan Warga untuk Tekan Inflasi

Sebarkan artikel ini
Pj Wali Kota Baubau, Muhammad Rasman Manafi saat ikut menanam cabai

BAUBAU, Mediakendari.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan gerakan menanam cabai di pekarangan masyarakat sebagai upaya menekan inflasi cabai di daerah itu. Gerakan menanam cabai di pekarangan dilakukan secara serentak dibeberapa Kecamatan.

“Alasan memilih melakukan gerakan menanam di wilayah pekarangan milik masyarakat atau pemukiman bukan di wilayah pertanian atau lahan hijau atau semacamnya karena bentuk gerakan ini bukan gerakan di wilayah pertanian. Tapi ini gerakan menanam yang dilakukan langsung oleh masyarakat di pemukimannya,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muhammad Rasman Manafi saat penanaman cabai di kebun PKK Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum, Jum’at 08 Desember 2023.

Rasman mengaku pola yang dikembangkan agak berbeda yakni gerakan yang diinisiasi bersama di unit-unit terkecil, di level keluarga dan di level kelurahan. Pihaknya yakin gerakan menanam bersama ini sudah pernah dilakukan tetapi saat ini selain untuk pemenuhan keluarga juga ingin mengendalikan ekonomi di daerah eks pusat Kesultanan Buton itu.

“Dan bila terus dilakukan di seluruh keluarga di Kota Baubau maka pergerakan ekonomi khususnya kalau bicara inflasi, bicara cabai yang begitu cepat naiknya ini bisa ditangani. Kenapa harus ditangani karena seluruh Indonesia mengalaminya,” ungkapnya.

Rasman mengajak semua stake holder, semua pihak untuk segera melaksanakan gerakan menanam. Saat ini komoditas cabai yang dilakukan namun tidak menutup kemungkinan ada komoditas lain lagi yang bisa di inisiasi oleh semua kelurahan, semua OPD dan semua yang ada di Kota Baubau untuk melakukan gerakan menanam di lahan atau pemukiman Masyarakat.

“Tidak usah berpikir menanam di satu atau dua hektar bahkan puluhan hektar dan cukup menanam di lingkungan keluarga, di rumah, di lingkungan pekarangan  di lingkungan perumahan sehingga kalau ada kebutuhan khususnya komoditas yang cepat sekali naik adanya, itu tidak perlu ragu, cukup di perkarangan rumah terpenuhi,” urainya.

Rasman membeberkan gerakan ini telah dibahas bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanketapang) Kota Baubau sebelumnya dilakukan aksi.

“Saya sudah dibawakan pohon cabe oleh Kadis Pertanian, Alhamdulilah sudah ada buahnya. Yang menjadi tantangan adalah kita akan coba nanti setiap lurah, camat, tolong sidak yang punya pohon cabai kepala-kepala OPD di lahan pekarangannya,” imbaunya.

Kepala Distanketapang Baubau, Muhammad Rais menambahkan gerakan ini sekaligus mengubah tempat yang awalnga tempat pembuangan sampah menjadi lahan kebun PKK hasil inisiasi namun Camat Murhum dan Lurah Lamangga.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page