NEWS

Pemkot Kendari Kemas Kreatifitas dan Inovasi Siswa SMP Melalui Pekan Kebudayaan Daerah

635
×

Pemkot Kendari Kemas Kreatifitas dan Inovasi Siswa SMP Melalui Pekan Kebudayaan Daerah

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kota Kendari tahun 2023 mengusung tema “Menjaga tradisi, Merawat budaya Untuk Kendari bergerak  menuju Indonesia Maju” yang digelar selama dua hari di pelataran Parkir Kantor Balaikota Kendari itu resmi ditutup pada Rabu, 13 Desember 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata (Diskebpar) Kendari itu untuk mengemas kreatifitas dan inovasi dari peserta khususnya siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Mulai sejak pembukaaan kemarin pelaksanaan perlombaannya sampai pada hari ini saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada dinas pariwisata sebagai penyelenggara event, seluruh panitia, dan seluruh peserta,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

Tujuannya, kata Asmawa, untuk mengingatkan kembali kepada seluruh warga kota Kendari tentang pentingnya mengenal kembali jenis olahraga, seni dan budaya tradisional yang pernah ada dan bahkan mungkin masih ada saat ini yang harus terus di kembangkan.

“Kegiatan ini telah menghasilkan para juara dari berbagai bidang untuk itu saya menyampaikan banyak selamat kepada peserta yang telah berhasil mendapatkan  juara pada setiap event. Kepada yang belum berhasil, saya harapkan untuk terus berlatih sehingga pada event- event berikutnya bisa menjadi yang terbaik untuk kegiatan yang sejenis. Kalah dan menang itu bukan jadi soal tapi bagaimna kita bisa ikut serta melestarikan budaya dan tradisi,” katanya.

Kepala Diskebpar) Kendari, Nurhaeda menambahkan kegiatan ini menampilkan sejumlah atraksi kesenian mulai dari lomba gala asin, lomba lari balok, lomba metinggo, lomba tari tradisional, lomba terompa panjang dan lomba tradisional fashion show yang di ikuti tingkat smp se-kota Kendari sejumlah 100 orang. Namun untuk hari ini di tutup dengan lomba lulo tradisional, fashion show dengan pakaian adat tolaki.

“Kegiatan ini sebelumnya sudah di laksanakan tapi karena pandemi kemarin jadi kegiatan ini di hentikan, untuk hari ini itu di mulai kembali kegiatan pekan kebudayaan Daerah,” tuturnya.

Ia berharap  untuk PKD tahun 2024 mendatang kebudayaan dan kepariwisataan kota Kendari tetap bersinergi untuk targetnya kedepan  adalah bukan tingkat SMP saja tetapi seluruh etnis yang ada di kota Kendari, dan seluruh kabupaten kota yang ada di Sultra.

Reporter : Astuti

You cannot copy content of this page