NEWSSULTRA

Pemprov Sultra Sosialisasikan Pelatihan Kerja Vokasi Tiongkok

775
×

Pemprov Sultra Sosialisasikan Pelatihan Kerja Vokasi Tiongkok

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyosialisasikan pelaksanaan pelatihan kerja Training of Trainer (ToT) Vokasi Tiongkok Tahun 2024 yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Investasi (Kemenko Marves) di ruang pola Kantor Gubernur Sultra.

“Kemitraan strategis antara perusahaan dan institusi pendidikan merupakan fokus utama kita. Merekrut individu yang memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan perusahaan adalah hal yang kami dorong melalui kemitraan ini,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra, Asrun Lio dalam sambutannya.

Acara yang dihadiri oleh berbagai pihak ini, bertujuan untuk menanggapi kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan dinamika industri masa kini dan mendatang dengan mengundang partisipasi masyarakat, terutama dari Sulawesi Tenggara, untuk mengikuti pelatihan vokasi di berbagai sektor, seperti pertanian, bioteknologi, big data IoT, dan kuliner, dalam rangka Training of Trainer (ToT).

Ia juga menyapa hadirin dari beragam sektor mulai dari perwakilan pemerintah daerah 17 kabupaten/kota, delegasi organisasi, lembaga, hingga perusahaan yang beroperasi di Sultra. Asrun menegaskan pentingnya kemitraan antara perusahaan dan perguruan tinggi guna merekrut individu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sementara itu, Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastruktur Kemenko Marves, Andi Yulianti Ramli menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan National Development and Reform Commission (NDRC) Republik Rakyat Tiongkok dalam Training of Trainer kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, pertukaran dan kerjasama dalam pembangunan berkelanjutan.

“Proses pelaksanaan Training of Trainer Vokasi sudah dimulai sejak Juni 2023 di berbagai institusi di Tiongkok dengan partisipasi peserta dari sektor industri. Kami berencana melanjutkan pelatihan ini di Sulawesi Tenggara pada tahun 2024 dengan serangkaian program di berbagai sektor yang relevan dengan perkembangan industri,” kata Yulianti.

Rencananya pada tahun 2024, akan diselenggarakan sejumlah pelatihan dalam berbagai bidang, seperti Pharmaceuticals Biotechnology, Renewable Energy System, EV, Rail Technology, Precision Agriculture, Aquaculture, Transportation Management and Technology, Air Freight and Global Supply Chains, Toll Road Management and Technology, AI Big Data and IoT for Tourism, serta Material Processing and Battery Manufacturing.

Pihak penyelenggara berkomitmen untuk melakukan sosialisasi yang lebih intensif kepada para pemangku kepentingan, termasuk kepala daerah, lembaga legislatif, dan jajaran pemerintahan di Sulawesi Tenggara, guna memastikan partisipasi yang lebih luas dan merata dalam pelatihan tersebut.

You cannot copy content of this page