NEWS

Pemprov Sultra Susun Rencana Kontigensi Gempa Bumi

494
×

Pemprov Sultra Susun Rencana Kontigensi Gempa Bumi

Sebarkan artikel ini
Tampak Asrun Lio dalam sambutannya

KENDARI – Menjadi daerah yang kerap dilanda bencana, termasuk gempa bumi, membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), berupaya melakukan mitigasi. Salah satunya dengan penyusunan Rencana Kontigensi (Renkon) Gempa Bumi Provinsi Sultra Tahun 2022.

Kegiatan penyusunan Renkon itu dilaksanakan di Hotel D’Blitz, Kendari 14/04 dengan menghadirkan perwakilan instansi terkait penanggulangan bencana, kepala OPD teknis terkait, akademisi, masyarakat, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sultra.

Baca Juga : Gempa Bumi Tektonik M 3,5 Guncang Laut Timur Soropia, BMKG: Gempa Susulan Terjadi Sampai 58 Kali

Dalam sambutannya saat pembukaan acara, Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Sebagaimana diketahui bahwa Sultra merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana gempa bumi karena dilalui oleh sesar Lawanopo yang membentang dari Kolaka Utara hingga Konawe Kepulauan,” tambah Plh. Sekda.

Baca Juga : Gubernur Sultra Imbau Masyarakat Kendari Tidak Panik dan Berdoa Agar Selamat Dari Gempa

Dijelaskan, dokumen rencana kontigensi merupakan sebuah dokumen yang memuat proses identifikasi dan penyusunan rencana yang didasarkan pada keadaan yang kemungkinan besar akan terjadi, namun juga belum tentu terjadi. Dokumen ini penting untuk disusun, khususnya di wilayah yang memiliki potensi bencana tinggi, sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah daerah.

Selain itu, dokumen ini juga akan menetapkan tindakan teknis dan manajerial, serta tanggapan dan pengerahan potensi yang telah disetujui bersama dengan melibatkan semua stakeholder terkait, yakni TNI/Polri, Basarnas, akademisi, LSM, dan lembaga/institusi terkait lainnya

Penulis : Sardin.D

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page