NEWSPROV SULTRA

Pemprov Sultra Tekan Pengangguran Terbuka Lewat Job Fair

535
×

Pemprov Sultra Tekan Pengangguran Terbuka Lewat Job Fair

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar pameran bursa kerja atau job fair dalam rangka upaya menekan pengangguran terbuka di daerah itu, Selasa 07 Mei 2024

Job fair tahun 2024 ini menyediakan 1.064 lowongan bagi calon tenaga kerja dari 24 perusahaan yang ada.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengapresiasi job fair tahun ini. Ia juga mendorong perusahaan lainnya untuk memberi kesempatan bagi Pencari Kerja. Job fair juga membuka informasi kesempatan kerja untuk masyarakat terkesan terbatas dan tertutup selama ini.

“Oleh karena itu, diharapkan Pameran Bursa Kerja ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan pencari dengan pemberi kerja, disamping keberadaan Pemerintah Provinsi yang harus memfasilitasi kesempatan lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal agar memiliki kesempatan kerja sesuai dengan bakat, minat serta keahliannya,” ungkapnya.

Andap mengatakan bahwa sesuai amanat undang-undang, instansi pemerintah wajib mengalokasikan paling sedikit 2% untuk penyandang disabilitas. Untuk perusahaan swasta 1% dari total alokasi kebutuhan perusahaan.

“Saat ini terdapat 1 dari 24 perusahaan yang menerima tenaga kerja disabilitas. Harapan kami, ke depan semakin banyak perusahaan yang dapat memfasilitasi Saudara-Saudara kita penyandang disabilitas untuk dapat bekerja dan berkarya,” ungkapnya.

Ia berharap bagi perusahaan yang membuka usaha di Sultra agar memprioritaskan para pencari kerja lokal Sultra untuk bekerja dan berkarir di perusahaan.

“Semoga dengan pelaksanaan Pameran Bursa Kerja tahun 2024 ini, dapat memberikan peluang kerja bagi Saudara-Saudara kita masyarakat Sultra yang belum bekerja,” pesannya.

Ia menyebut, saat ini tercatat penduduk Sultra sebanyak 2.79 juta, dimana 1,4 juta diantaranya adalah yang saat ini bekerja maupun yang sedang mencari pekerjaan. Terdapat dua indikator cerminan kinerja ketenagakerjaan yakni indikator Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dimana dalam tiga tahun terakhir tren TPAK menunjukkan perkembangan yang positif (alami peningkatan sebesar 2.09% dibanding Februari 2023). Untuk TPT sebesar 3.22% (turun 0.44% dibanding Februari 2023).

“Untuk penduduk yang bekerja mencapai 1.36 juta Orang ( meningkat 72.38 ribu dibanding Februari 2023 ). Sedangkan untuk jenis lapangan pekerjaan yang menyerap banyak angkatan kerja yakni pada sektor pertanian yang mencapai 34.23%,” katanya.(MK)

You cannot copy content of this page